Rapat Anggota Asrama Bumi Ganesha (Pengajuan Proker BP 28)

Prolog (boleh diskip)

Catatan : BP = Badan Pengurus, salah satu elemen struktur organisasi Asrama Bumi Ganesha bagian Eksekutif.

Seperti yang sudah dijelaskan pada postingan sebelumnya, Asrama Bumi Ganesha adalah sebuah asrama yang mandiri, mandiri dalam segala hal. Selain itu, terdapat pula sebuah struktur organisasi dalam asrama ini. Nah, dalam struktur organisasi Asrama Bumi Ganesha, kekuasaan tertinggi dipegang oleh Rapat Anggota. Rapat Anggota ini sangat sakral bagi penghuni BG. Perizinan hanya diberikan pada kasus-kasus tertentu, semisal urusan keluarga yang penting, akademik, kesehatan, dan agama. Untuk keperluan lain, sangat susah. Seandainya ada penghuni atau capeng yang tidak mengikuti prosedur yang berlaku, akan ada konsekuensi tersendiri.

Kembali ke Rapat Anggota. Rapat Anggota biasanya mempunyai agenda pengajuan program kerja kepengurusan baru, pengajuan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ), atau saat-saat genting yang memerlukan persetujuaan seluruh penghuni. Peraturan mengenai Rapat Anggota ini tercantum di AD/ART KAM Bumi Ganesha.

Nah, postingan kali ini akan menceritakan jalannya Rapat Anggota yang terbaru, yakni pada tanggal 22 November 2009. Rapat Anggota kali ini mempunyai dua buah agenda. Yang pertama, agenda tentang lanjutan Rapat Anggota sebelumnya mengenai laporan Pertanggungjawaban BP 27 (BP sebelumnya). Kenapa harus dilanjutkan ? Hal ini dikarenakan pada pengajuan LPJ sebelumnya, massa asrama (atau sebut saja penghuni asrama) tidak merasa puas dengan LPJ tersebut. Untuk bagian ini, kita lewati saja…

PROKER BP 28

DEPARTEMEN INTERNAL :
1. BKP (Biro Kekaryawanan dan Pemeliharaan) : ini adalah biro yang mengkoordinir para karyawan agar bekerja sesuai dengan peraturan. Biro ini adalah biro yang paling dekat dengan karyawan. Sekadar info saja, di Asrama Bumi Ganesha ada 12 karyawan tetap dan 1 karyawan tidak tetap (baru saja masuk). Karyawan-karyawan ini lah yang menjadi harga mati bagi seluruh penghuni BG. Tidak hanya mengkoordinir, biro ini juga diperlukan dalam pengakraban karyawan dan penghuni, sehingga ada proker-proker seperti rujakan bareng. Selain itu, biro ini juga bertanggung jawab atas pemeliharaan yang terjadi. Mulai dari barang-barang yang ada di asrama, barang milik alumni, dan bangunan asrama itu sendiri. Terakhir, kepala biro ini adalah Ardian Fajar Prasetyawan, Teknik Sipil 2008.

2.BALL (Biro Air, Listrik, dan Laudry) : salah satu deskripsi mudah untuk biro ini adalah, PLN, PAM, dan Manajemen perusahaan laudry digabung jadi satu. Biro ini benar-benar seperti PLN dan PAM. Hal ini diakrenakan, semua masalah listrik dan air diatur oleh biro ini. Bahkan, untuk kepengurusan BP kali ini, akan diadakan yang namanya pembuatan denah listrik dan pengetesan kelayakan air di laboratorium. Cukup mendewa lah… selain itu, biro ini juga mengadakan yang namanya KADAALL (Komunikasi Dua Arah Air Listrik dan Laundry). Anggap saja ini mirip Customer Care biro ini. Benar-benar mendewa… Yang cukup mendapat perhatian adalah, biro ini dikepalai oleh Dwi Joko Susilo Farmasi 2008. Lihat, seorang calon ahli obat akan bergelut dengan dunia elktro, kimia, dan pelayanan…

DEPARTEMEN EKSTERNAL :

  1. Biro RKA (Relasi Kampus dan Alumni) : sebagai asrama yang seluruh penghuninya dari ITB, maka diperlukan pula sebuah biro yang menghubungkan antara asrama dan kampus (rektorat). Apalagi dalam kondisi sekarang terkait wacana perpindahan. Selain itu, biro ini juga mengurusi masalah alumni, maksudnya melakukan hubungan dengan alumni-alumni asrama BG agar tetap terjaga hubungannya. Proker-proker yang cukup mendewa antara lain : beasiswa alumni untuk anak karyawan, kunjungan ke acara alumni misalnya pernikahan, melakukan hubungan dengan rektorat, dan lain-lain. Selain itu, biro ini juga mengurusi masalah hubungan dengan asrama mahasiswa lain, misalnya asrama putrid Kanayakan. Hubungan dengan Kanayakan berlangsung sangat baik. Hal ini diindikasikan dengan seringnya perwakilan masing-masing asrama dalam menghadiri acara asrama lainnya. Biro ini dikepalai oleh Wigati Agdy Surya mahasiswa teknik Elektro 2008.
  2. Biro Sosmas (Sosial Masyarakat) : selain melakukan hubungan ke alumni dan rektorat, asrama juga harus tetap tahu diri ke lingkungan sekitarnya. Maka biro sosmas inilah yang berkewajiban utnuk mengurusi hal ini. Langsung saja, proker-proker yang cukup mendewa biro ini adalah : Donor darah tiap 4 bulan, kunjungan ke rumah ketua RT, memberikan bimbingan belajar gratis bagi anak-anak sekitar, dan yang paling baru adalah proker untuk menginisiasi sebuah kegiatan bersama pemuda sekitar. Jadi, asrama ini tetap sadar lingkungan, bandingkan dengan keadaan kost yang biasanya lupa lingkungan. Biro ini dikepalai oleh Ilham Togi Sihombing, Teknik Geofisika 2008.

DEPARTEMEN EKONOMI :

  1. Biro Toko : jika anda pernah mengunjungi asrama kami, akan terlihat sebuah warung atau took tepat di bagian depan. Toko ini adalah salah satu asset departemen ekonomi. Tidak ada yang berbeda dengan toko lain. Mungkin perbedaanya adalah, adanya akun konstribusi ke asrama di neraca keuangan. Konstribusi toko pada kepengurusan kali ini masih sama dengan tahun lalu, yakni Rp 550.00,00. Kabir (kepala biro) toko, Yuwana Setyabudi, merencanakan perapian manajemen toko, agar tidak ada lagi kekacauan seperti kepengurusan sebelumnya. Yuwana merupakan mahasiswa Oseanografi 2008.
  2. Biro Privat : jelas sekali dari namanya, biro ini merupakan sumber pemasukan asrama dengan mengusahakan sebuah bimbingan belajar. Pengajarnya adalah penghuni asrama, sedangkan target muridnya luas, bisa siswa SMA, SMP, atau mahasiswa. Bahan yang diajarkan pun variatif, tergantung permintaan klien. Untuk tempat, bisa di rumah sendiri, atau terserah. Tergantung permintaa. Begitu pula dengan waktu. Pokoknya asala klien puas lah. Tertarik ? hubungi kepala bironya, Ashadi Budi Aji, Teknik Metalurgi. Atau bisa juga hubungi pemili blog ini, hehehe…
  3. Biro Sewa Lahan dan Kiostel : jika anda mengunjungi asrama, selain toko akan terlihat juga warung makan bu Jawa di siang hari, atau warung pecel lele di malam hari. Selai itu, di ujung timur, ada 4 buah toko atau tempat usaha, misalanya cukur rambut, counter HP, penjahit, dan penjual gorengan. Para pemilik usaha itu merupakan para penyewa lahan di asrama bumi ganesha. Ada biaya yang harus dibayarkan tiap bulannya ke asrama. Oleh karenanya, diadakan pula biro sewa lahan ini. Kabir sewa lahan adalah Andreas Darma Putra Teknik Geodesi 2008. Jika anda tertarik untuk membuka usaha di daerah Cisitu, silahkan ke sini saja… selain itu, biro ini juga mengurusi masalah kiostel yang buka 24 jam di asrama. Wow…
  4. Biro LitBang (Penelitian dan Pengembangan Usaha) : pernah makan di Botram? Atau pernah beli di Gerobak Desperado? Itulah hasil karya biro litbang. Biro ini adalah biro yang mengusahakan usaha baru dan sekaligus mempertahankannya. Ibaratnya, biro ini harus kreatif. Selain itu, masih ada banyak lagi usaha-usaha incidental yang dilakukan. Biro ini juga bertanggung jawab atas lingkungan entrepeneurship di asrama, oleh karenanya, diadakan lomba-lomba usaha di lingkungan asrama. Ingin tahu siapa di balik semua usaha BG ? pelakunya adalah M. Reda Galih P. Teknik Kimia 2008.

DEPARTEMEN PSDM

  1. Biro Rohani Islam : inilah Rohisnya BG. Dengan dikomandoi oleh Silva Berlusconi anak Planologi 2008, ke-“kering”-an di BG tidak akan terjadi. Dengan proker-proker khusus muslim seperti taklim dan Singa BG (Mirp majalah bulanan) Coni akan memberantas semua ke-“kering”-an itu. Selain itu, ada juga proker-proker keren lain, seperti yang baru saja terlaksana, BG potobg kambing dalam rangka Hari Raya Idul Adha. Atau ketika Ramdhan, akan ada yang dinamakan buka bareng se-BG. Buka bareng terenak dan ter-well yang pernah saya rasakan selama di Bandung… hahahaha….
  2. Biro Medkominfo : walaupun namanya Medkominfo, namun biro ini tidak hanya membahas masalah Media Komunikasi dan Informasi saja. Biro ini juga bertanggung jawab atas kelangsungan TPB capeng di asrama. Kenapa? Karena biro ini akan mengadakan turorial untuk UTS maupun UAS bagi TPB. Enak kan? Selain itu, biro ini adalah admin dari web BG, yaitu http://bumi-ganesha.unit.itb.ac.id/. Selain itu, biro ini juga melayani pemasangan internet, mengurusi computer BG, memberikan pengumuman ulang tahun dan prestasi penghuni, da masih banyak lagi… oh iya, biro ini dikepalai oleh Ridlo Wahyudi Wibowo Astronomi 2008.
  3. Biro Kekeluargaan : ini lah biro yang juga menjadi pembeda BG dengan asrama lain. Biro ini bertanggung jawab atas semua acara senang-senang di BG. Misalnya, BG Futsal League yang selalu ditunggu-tunggu tiap musimnya. Lalu ada juga olimpiade BG yang mempertaruhkan harga diri tiap falt. Ada lagi acara 17-an yang wonderful. Yang tak kalah keren, MULAN (Makan Undian Tiap Bulan), sebuah proker yang menggunakan nafsu makan dan kecekatan penghuni sebagai senjata utama. Intinya, makan bareng-bareng tiap bulan. Siapa cepat dia dapat. Selain itu, biro ini juga mengurusi latih tanding BG dengan penantang dunia luar, bisa tanding futsal, bisa juga basket. Semua dilayani. Untuk kabirnya, Gema Mahardika Yogatama, Teknik Kelautan 2008.

DEPARTEMEN KESEKRETARIATAN

Departemen ini tidak ada bironya, secara gambling, biro ini bekerja laksana sekretaris di sebuah oragnisasi. Departemen ini sangat penting, bayangkan, tanpa kesekretariatan, akan terjadi ketidak teraturan yang massif. Tidak ada yang mengurusi surat-surat, arsip-arsip BG, bahkan perpustakaan tidak ada yang mengurusi. Lalu bisa diperparah dengan tidak adanya struktur kepengurusan di RSG. Jadi, biro ini wajib ada. Staff di biro ini adalah Maliki Utama Putra, Biologi 2007.

DEPARTEMEN KEUANGAN

Akhirnya, departemen terakhir, departemen yang juga tidak memiliki biro, departemen paling lama pengajuan prokernya, departemen paling vital bersama ekonomi, yak inilah departemen keuangan. Tugas terbesarnya adalah membuat Rancangan Anggaran Penerimaan dan Belanja Asrama (RAPBA). RAPBA inilah yang akan dipakai dalam satu tahun ke depan. RAPBA inilah yang menentukan berapa sewa asrama yang harus dibayar, berapa konstribusi yang harus disetor tiap bulan, berapa gaji karyawan, dan semua audit keuangan. Ibarat belajar akuntansi. Mau tahu siapa orang dibalik departemen ini? Dialah, Ismail Sunni Teknik Informatika 2008, sekaligus yang punya blog ini. Sekadar catatan, di RA kemarin, masalah sewa asrama dan konstribusi menjadi pusat perhatian para penghuni. Setelah bertukar pendapat, bermusywarah, membanding-bandingkan semua kemungkinan, pendapat, dan resiko, akhirnya sewa asrama ditetapkan sebesar Rp. 145.000,00. Sangat murah jika dibandingkan dengan kost atau asrama lainnya. Bahkan dengan fasilitas yang jauh lebih baik…

Ahhahaha…. Akhirnya selesai juga…. Intinya, Asrama Bumi Ganesha is the one and only….

Iklan

2 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s