Mengenang UN

Sekarang anak SMA kelas 3 sedang mengikuti tradisi tahunan, mengikuti ujian UN. Termasuk adik saya. Semoga semua orang dapat hasil yang sesuai dan pas.

Ngomong-ngomong soal UN, saya jadi teringat saat dulu saya mengikuti Ujian Nasional SMA. Ada beberapa hal yang masih nempel di ingatan saya. Berikut hal-hal berikut :

  1. Menjelang UN, semua oknum di sekolah saya mendadak jadi baik. Tidak ada lagi kekerasan mental. Mungkin memang bertujuan agar tidak memperkeruh mental beberapa anak. Tapi, banyak juga yang memang baik. Special Thanks untuk Pak Wiji, Bu Dini, Pak Rifat, Bu Reni, pak Haris, guru-guru dewa yang lain, para pembina dan adik-adik kelas, serta mbak dapur.
  2. Ada hobi baru, setiap latian Ujian Nasional (try out internal) disediakan banyak makanan. Mulai dari gorengan, susu, dan kue-kue. Kalau begini, saya mau tiap hari Ujian Nasional. Kan lumayan tuh. Gak usah belajar pula. Dan, makanan di dapur juga menjadi wow… Dapat lisensi khusus untuk makan duluan pula. Matap jaya lah.
  3. Hampir semua peserta UN mendadak alim. Misal saja sholat tahajjud, sholat dhuha, dan puasa sunnah. Kejadian ini berlanjut sampai masa-masa penerimaan mahasiswa baru. Yah, minimal pernah jadi alim lah. Tapi ada juga yang memang dari dasarnya alim.
  4. Meminta doa pada seluruh civitas akademik di sekolah. Bahkan, kita bikin spanduk buat ditandatangani semua anak. Dan, ada yang mau beli itu spanduk. Ckckck…
  5. Puasa Bola. Jadi, kayaknya dulu saya melakukan puasa dari bermain bola selama masa UN. Susah juga. Mengingat di sekolah kultur sepakbolanya tinggi. Wow.
  6. Yang paling konyol. Saya ketiduran saat UN Bahasa Inggris. Kronologinya; jadi di asrama sekolah saya itu, ada tradisi untuk tidur rame-rame saat mau UN. Kita bawa semua kasur ke depan tivi. Gak semua sih, hanya yang berminat saja, termasuk saya. Malamnya, ada nonton film di tivi, biasalah. Terus, dini haria ada Liga Champions, kalo gak salah MU vs Milan. Nah, ternyata ada efeknya. Paginya itu, selain bangun kesiangan, mandi di kamar pembina, saya juga ketiduran pas tes Bahasa Inggris, pas materi listening pula. Dan, akhirnya tersilang indah. Soalnya gak bisa minta diulangi.  Wew. Untung masih lulus. Hahahahaha…
  7. Sebenarnya masih banyak, tapi ya beberapa terkena masalah copyright, jadi gak usah dimasukin saja.

Begitulah pengalaman UN pertama saya, dan terkahir tentu saja. Semoga yang ikut UN mendapat hasil yang sesuai, jangan mencontek, jangan memberi contekan, banyak berdoa, dan jangan tidur saat ujian.

PS :
Rule #4 :
Jangan nonton bola saat ujian, walau udah jago.

Iklan

13 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s