(Masih) Bukan Yang Terakhir…

Yah, semenjak masuk dunia perkuliahan, pertanyaan, “apakah ini akan menjadi yang terakhir ?”, yang mengacu pada pembelajaran non-formal saya di dunia matematika selalu terbersit. Apalagi sejak menginjak tingkat 2, sebuah periode di mana saya seharusnya harus mulai bisa fokus di dunia ke-informatika-an ini. Tapi, lagi-lagi, hasrat ini tak mungkin bisa dibendung. Padahal, walaupun banyak orang mengatakan matematika bisa sangat membantu dalam informatika, tetap saja, yang paling penting adalah sebanyak apa jam terbang ngoding kita.

Dan, akhirnya sampai pada hari ini juga. Mungkin, secara perhitungan, ini adalah, yah bisa dikatakan, kesempatan terakhir yang Allah berikan untuk menggembirakan diri dengan salah satu dunia saya, matematika. Benar, saat ini saya sedang mengikuti pelatnas yang sekaligus seleksi untuk tim IMC (International Math Competition) tahun ini. Dimulai hari ini hingga 3 pekan ke depan, saya akan bergulat dengan matematika (yang saya menyebutnya tunangan saya sampai nemu yang asli). Selain itu, saya juga berkesempatan menjajal keseruan para dewa-dewi matematika yang mendewa di Indonesia ini.

Total kami ada 20 orang. Dan, tadi saat pembukaan, ada jatah 7 orang yang akan dikirim ke Bulgaria, bulan depan. Mungkin ini menjadi semacam liga Italia, Serie A. Dimana 7 klub teratas berkesempatan menjajal ketatnya persaingan tingkat Eropa. Yah, jelas, seperti liga Inggris, ada kekuatan-kekuatan tradisional yang mendewa. Ada pula golongan tim-tim gurem promosi, seperti saya ini. Tapi, bola itu bundar… Siapa sangka, tim antah berantah semacam Chievo Verona berhasil mengerjai para kekuatan klasik saat pertama kali mencium aroma persaingan Serie A. Yah, semoga saya jadi pemeran Chievo tersebut. Semoga.

Kembali ke topik. Mungkinkah ini menjadi yang terakhir ? Jawabnya bisa ya, bisa tidak. Tidak karena, tahun depan saya sudah harus menjalani KP (Kerja Praktek), yang memaksa saya menghilang dari orbit sekitar 1-2 bulan. Apalagi untuk selanjutnya, sudah TA. Entahlah… Dan, mungkin, hingga saya lulus, ini adalah terakhir kalinya. Mungkin lho…

Kadang, saya pengen menikmati hidup tanpa godaan yang sangat untuk menghindari yang namanya matemattika. Contoh teman-teman saya yang “berhasil”, misal saja Rima Mustafa dan Dianing Pratiwi (kedokteran UGM), Gogo (IF ITB, sama kayak saya, tapi kok beda), Mathias Mahendra (UGM, manajemen kalau tidak salah), dan lain-lain.

Tapi, saya merasa kekonyolan ini tidak perlu disingkirkan, biar saja berjalan apa adanya. Daripada saya tiba-tiba jadi alergi melihat Marriage Theorem. Mending saya kayak gini.

Yah, apapun itu, untuk sekarang, minimal mencoba menjadikan akhir yang tak terlupakan di salah satu dunia paralel saya ini.

Lihat saja, 3 minggu ke depan…

PS 1: Ini murni curcol gan…

PS 2 : gila, LCD 29 inci, kabel LAN, dll. Tempat pelatihan paling wah ini…

PS 3 : di kriptografi, ilmu “ini” terpakai ternyata…

12 comments

  1. Halo Sunni, kamu tidak perlu “resah” karena memmpunyai minat yang tinggi dalam bidang matematika namun tidak ingin menomroduakan Informatika. Seharusnya kamu bangga karena tidak banyak mahaisswa IF yang suka matematika setelah mereka masuk IF. Dua orang mahasiswa bimbingan saya, Fajar Yuliawan IF2003 dan M Fajrin Rasyid IF 2004, adalah dua orang mahasiswa IF yang tetap mengikuti olimpade matematika setelah menjadi mahasiswa IF. Mereka mahasiswa yang hebat, jago matematika dan juga informatika. Malah Fajar Yuliawan sekarang ambil S2 di Matematika ITB. Kapan-kapan datang ke saya deh, kita cerita2 soal ini.

    • Wah, kalau “pak” Fajar memang mendewa pak… Ternyata dosen pembimbingnya pak Rin… Baru tahu…

      Boleh juga tuh pak, pengen mendengar cerita2 soal itu… Saya juga pengen tahu hal-hal apa saja irisan dari matematika sama informatika. Kan bisa sekali dayung 2-3 pulau terlampaui..

      terima kasih pak, jadi jrengg…

Tinggalkan Balasan

