16 Besar Piala Dunia Beraroma Latin

prolog : sebenarnya, saya ingin menuliskan apa yang ada di otak saya mengenai piala dunia 2010 kali ini. Tapi, mengingat saya melewatkan semua pertandingan putaran pertama, saya pundung, dan kehilangan antusiasme dalam menulis tentang piala dunia kali ini. Yah, semua ini tak lepas dari campur tangan si TV kabel hotel Banana Inn. Tapi, tak apa lah. Setelah menonton pertandingan Chili vs Swiss, saya kembali bersemangat. Euforia piala dunia kembali lagi.

Pada saat saya menulis postingan ini, tiap negara sudah menjalani dua pertandingan di babak grup. Dan, dengan melihat hasil yang telah dicapai, saya bisa mengajukan beberapa hipotesa mengenai nasib negara di tiap grup. Mari kita mulai… Sebelumnya, ini hanyalah sebuah analisis seorang mahasiswa agak biasa yang beberapa bagian hidupnya adalah sepakbola.

GRUP A. Uruguay dan Meksiko lolos
Tanpa mengabaikan faktor X yang konon multi-solusi, bisa dilihat dengan kasat mata, bahwa Perancis yang ada masalah internal dan Afrika Selatan yang belum cukup kuat dalam bersaing dengan Uruguay dan Meksiko, saya rasa cukup obvius dan jelas, untuk bisa melaju ke babak 16 besar. Apalagi, keduanya, diberi kesempatan untuk bermain mata di pertandingan terakhir. Namun, tentu ini sangat kecil kemungkinannya. Hal ini mengingat runner-up grup A harus melawan juara grup B, yang kemungkinan besar Argentina.

Grup B. Korea Selatan dampingi Argentina
Memang, secara matematis, belum ada yang tersepak atau lolos dari grup ini. Tapi, saya bisa melihat bahwa dari grup ini, Korea Selatan akan menemani Argentina untuk melaju ke babak 16 besar. Hal ini memperhatikan pertandingan terkahir Korea Selatan yang “hanya” melawan Nigeria wakil Afrika yang ternyata tidak terlalu wah. Hanya Ghana yang mampu menang dari 5 wakil benua Afrika.

Grup C. Amerika Serikat dan satu lagi
Grup yang cukup kacau. Semua negara masih mempunyai peluang yang hamir sama untuk lolos. Siapa menang, dia lolos. Tapi, melihat pertandingan terakhir, AS yang akan melawan Algeria, di atas kertas akan lolos. Cukup seri saja. Sedangkan, antara Inggris atau Slovenia sangat bergantung pada tiang gawang Inggris, apakah sudah dikencingi kipernya atau belum. Maklum saja, semua lini Inggris sangat mendewa, selain Kiper. Tapi mengingat si Go Green peduli lingkungan, yang berarti tak akan kencing sembarangan, Slovenia bisa bernafas lega.

Grup D.Serbia dan Jerman
Mengingat mental Jerman yang tak tertandingi, saya rada PD untuk menjagokan Jerman untuk lolos, walau harus melawan Ghana. Asal tidak ada manusia lontong macam Klose yang dikartu merah. Untuk Serbia, seandainya bisa tampil seperti di pertandingan melawan Jerman, saya rasa tidaka akan ada masalah dalam mengatasi Australia yang sudah pincang sana-sini.

Grup E. Total Football dan Samurai
Belanda sudah dipastikan lolos. Kamerun juga sudah pasti tersingkir. Sekarang, tinggal menunggu “final” antara Denmark dan Jepang. Namun, melihat selisih gol (saja), Jepang bisa lolos dengan hasil seri. Selain itu, di piala dunia kali ini, saya melihat Jepang lebih punya nyali dan semangat untuk menang daripada tim Dinamit.

Grup F. Paraguay dan Italia
Yah, walaupun Italia sangat tidak jelas cara mainnya (menurut Lippi), tapi saya yakin Italia mampu lolos dengan mengalahkan Slovakia, karena sama-sama tim Eropa. Sedangkan Selandia Baru belum terlalu jago untuk mengacau Paraguay yang lagi hot.

Grup G. Samba Amerika dan Samba Eropa
Korea Utara sudah habis setelah dibantai Portugal. Selisih gol Pantai Gading terlalu buruk jika dibandingkan dengan Portugal. Sementara Brasil sudah lolos. Jadi, obviously, Samba tetap menari.

Grup H. Chili dan Swiss
Dua pertandingan, dua gol, dua kemenangan. Itulah Chili. Negara dengan permainan paling WAH di Piala Dunia 2010 sampai saat ini. Mengingat Brasil akan menjuarai grup G, dan Chili akan mati-matian menghindari Brasil, serta di atas kertas buram Swiss (yang juga sangat KOBRA) bisa mengalahkan Honduras, Tamatlah Spanyol. Tim yang konon paling dijagokan untuk menjuarai Piala Dunia kali ini. Seperti biasa, sehebat apapun Spanyol, mereka akan selalu jadi pecundang di Piala Dunia.

Nah, itulah prediksi saya berdasarkan hasil yang sudah terjadi. Sekali lagi, jangan terlalu dimasukin ke hati apa yang jadi prediksi saya. Hanya berdasar analisis dangkal/cetek saya.

Mari Melakukan Regresi :

  1. Tim Amerika Selatan sangat mendewa. Bayangkan saja, Brasil, Argentina, dan Chili 6 poin. Paraguay dan Uruguay 4 Poin.
  2. Kemungkinan besar, ke-mendewa-an tim-tim Amerika Selatan dipengaruhi oleh posisi garis lintang Afrika Selatan yang kurang lebih sama dengan Amerika Selatan. Mungkin, jika Indonesia lolos, akan mendewa juga. Saya dapat ilham ini, gara-gara analisis pak Muchlis, Matematika ITB.
  3. Tim Afrika kacau balau.
  4. Hanya Ghana yang bisa meraih kemenangan. Bahkan Nigeria dan Kamerun masih NOL besar.
  5. Musnahnya tim unggulan Eropa. Melihat Spanyol, Italia, Inggris, Perancis, dan mungkin Jerman, kita bisa lupa bahwa mereka adalah tim-tim unggulan. Kayaknya cuaca berpengaruh.
  6. Chili paling menghibur. Bukti : lihat saja.

Nah, cukup segini celoteh saya tentang Piala Dunia. Semoga bisa menjadi bahan pembicaraan di warung kopi atau angkringan. Dan jangan diomongin di gedung DPR atau Starbuck, males denger omongan sok tahu YOU-KNOW-WHO.

Saya masih tetap dukung Brasil dan Italia… Dan Chili…

6 comments

  1. tim Eropa emang cupu klo bertanding bukan di benua sendiri.. Amerika Latin emang mendewa, kayaknya 5 tim dari sana bakal lolos semua. Dan kalau teori lintas benua masih berlaku, mental juara Brazil-lah yang akan menang. Hanya Brazil yang bisa juara di benua selain benua sendiri. Just keep watching. Monggo mampir di blogku juga, Sun.. hehe

    • wew…. pas aku nulis komentar ini, pas Italia habis dibikin pulang cepet… adaw…

      tinggal Brazil sama Chili jagoku…

      semoga Slovakia dibantai Belanda…

      wis mampir mus…

Tinggalkan Balasan

