Masih Latino… Catatan Piala Dunia 2010

Piala dunia 2010 sudah masuk ke babak 8 besar. Dan, nampak jelas dominasi tim-tim dari Amerika Latin. Separuh dari delapan tim yang masih bertahan, berasal dari zona Conmebol. Bahkan, seandainya Chili tidak menjadi runner-up grup, alias mengangkangi Spanyol, bisa jadi 5 negaranya dari Amerika Latin. Wew…

Dan, dengan melihat bagan pertandingan, masih ada kemungkinan terjadi all-latino semifinals. Ngeri sekali. Tapi, jelas agak susah untuk terwujud. Mari kita tengok satu persatu pertandingan babak 8 besar.

1. Uruguay vs Ghana

Ghana, yak, Ghana. Satu-satunya wakil benua tuan rumah yang masih tersisa. Bahkan, bisa dikatakan penyelip di antara kekuatan klasik Eropa dan Amerika Latin. Yah, walaupun bisa mendapatkan dukungan dari penonton tuan rumah, belum tentu bisa mengalahkan Uruguay, yang baru kemasukan satu gol. Selain itu, Uruguay juga punya trisula penyerang yang maut, yang dikomandoni oleh Diego Forlan. Dengan catatan 3 kali menang dan 1 kali seri, Uruguay bisa rada berbangga hati untuk melaju ke babak semifinal.

2. Jerma vs Argentina

Wah, ini laga yang diperkirakan bakal seru. Lihat bagaimana Jerman membantai Inggris, walaupun sempat dibumbui penganuliran gol Lampard oleh sang pengadil. Tapi, dari sumber yang saya baca, ada yang mengatakan bahwa memang tidak gol, berikut argumen mereka :

Bukan Gol Lampard
Bukan Gol Lampard

sumber berita : salah satu thread di sini

Sementara itu, si Messi juga belum menunjukan batang hidungya seperti saat main di Barcelona. Namun, untung saja, Argentina punya penyerang top macam Higuain, Tevez, Millito, dan Aguero. Kita lihat saja nanti, siapa yang akan diturunkan oleh si Brewok Maradona.

Namun, Panzer juga punya skuad maut. Dan, saya sendiri kesengsem dengan permainan si Mesut Oziel. Semoga, dia dibeli Inter Milan. Amin.

Untuk pertandingan ini, saya cenderung mendukung Jerman. Hal ini dikarenakan, pemain pujaan saya (halah), Javier Zanetti tidak masuk skuad. Aneh lah.

3. Brazil vs Belanda

Ini juga masuk pertandigan yang patut ditonton. Negara dengan mata air bakat pemain bola, Brazil, melawan negeri total football-nya, Belanda. Tapi, sayang seribu sayang. Total Football Belanda, belum juga muncul. Bahkan, tidak terlalu meyakinkan dilihat dari segi permainan. Sementara Brazil, menurut saya, sedang dalam grafik naik, setelah mengalahkan Chili dengan skor meyakinkan, 3-0. Yah, selain argumen yang rada obvius di atas (obvius dari mana ?) serta Brazil merupakan negara jagoan saya sejak piala dunia 1998 (saya masih SD kelas 2), saya menjagokan Brazil untuk melaju.

4. Paraguay vs Spanyol

Spanyol, sebuah negara dengan segudang pemain hebat. Namun, ironisnya, belum pernah menjuarai piala dunia sekalipun. Spanyol selalu tampil bagus di kualifikasi, namun mendadak mlempem jika sudah tampil di putaran final. Di lain pihak, Paraguay baru pertama kalinya lolos ke 8 besar piala dunia. Dan, dengan peningkatan yang cukup pesat, mungkin saja. Namun, saya di sini masih berat ke Spanyol untuk lolos ke 4 besar. Yah, kita lihat saja nanti.

Nah, segitu saja celoteh (ceile, celoteh…) saya mengenai piala dunia kali ini. Semoga, bisa sedikit memberi pencerahan. Memang, pada postingan tentang piala dunia sebelumnya, banyak salahnya. Yang paling parah jelas ITALIA… nangis saya… hua….

Ya sudah lah, namanya juga manusia… Kalau sudah tahu hasil akhir sebelum mulai kick-off, mati saja…

Sekian, sekali lagi… HIDUP BRAZIL….

Iklan

3 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s