Bab 4 : Ngambang

Akhirnya, ada waktu juga untuk meyelesaikan Tetralogi tentang Semester Pendek di Banana Inn saya. Walaupun sudah berlalu hampir 2 minggu, tapi tak apalah… Kemarin-kemarin legi hectic sama piala dunia, yang lebih mantap. Dan, kebetulan, lagi rehat, menunggu babak semifinal.

Untuk kali ini, hanya akan ada sedikit komentar atau sepatah dua patah kata mengenai Semester Pendek saya ini.

1. Mewah and mewah

jujur saja, ini merupakan pelatihan paling mewah yang pernah saya ikuti. Bagaimana tidak, tinggal di hotel bintang 4. Makanannya pun sangat manusiawi (saya punya banyak pengalaman buruk di hotel, mengenai makanan yang agak tak cocok di lidah). Silahkan baca bab 3 jika ingin tahu seperti apa makanan di sini. frasa hotel bintang empat, kayaknya sudah cukup menggambarkan seberapa mewah pelatihan kali ini.

2. Dan, gol itu terjadi juga

Akhirnya, setelah kurang lebih 5 tahun, (lama parah…), mencoba mencetak gol dengan gaya khas saya, kaki ditekuk ke atas, dan menendang dengan sisi luar, saya berhasil. Sangat keren. Sangat. Gol ini tercipta saat pertandingan futsal ke tiga kami di Banana Inn (sudah mirip komentator AnTV saja ini). Keren lah. Atau memang lagi mendewa saja kemarin, terlalu dominating istilahnya.

Tapi sayang, tidak ada yang merekam. Kalau ada, kan saya bisa pamer ke temen-temen Semesta saya. Atau, bisa ditunjukkan ke ponakan saya, biar bisa main bola juga. Atau, besok pas saya sudah punya anak, saya “paksa” anak saya buat nonton. Atau pas sudah punya cucu. Sembari berkata, “Ini pas jaman simbah masih jaya-jayanya…”, dan berharap dijawab, “Ajari saya mbah…” Hakakakakak…

3. Pelatihan paling menguras atau mungkin menyiksa otak

rad lebay memang, tapi itu yang terjadi. Yah, ibarat kata, seorang anak SD disuruh ngitung turunan atau Integral Riemman. Atau bisa juga, anak muda yang baru bisa buka Microsoft Word, disuruh ngoding di NetBeans. What The What… Tapi, enak kok. Lumayan nambah ilmu. (Ampas banget kalimat terakhir ini). Daripada ngambil kuliah di ITB, ada resiko dapet C atau gak lulus. Di sini, udah gratis, gak ada resiko pula. Halah.

Tapi, yang paling kerasa, kepala saya sudah mulai bisa mikir lagi. Daripada pas sebelum pelatihan. Memang kok, matematika itu merangsang otak.

4. Dewa-dewi jagat permatematikaan Indonesia

Oke, di sini, saya bisa mengenal banyak dewa-dewi dunia matematika Indonesia. Misal, Albert, Harun, Agung, Thoriq, Tantrawan, Loa, Stefi, Deny, Defri, Hafiizh, Andra, Ari Susena. Itu baru pesertanya. Belum pengajarnnya, kayak Pak Muchlis, Pak Budi, Pak Hendra, Pak Wono, Bu Hany, Bu Hilda, Pak Djoko, Bu Siti, Bu Rini, Pak Saladin, Pak Amir dan mas Rangga. Dan, tentunya dewa-dewa yang sudah sering berjumpa, macam Hendra (tidak tiap hari ketemu sih), Rudi, Febi, Oscar, Satria (Penyelamat 2008), mas Nanang, dan tentunya mas Fajar.

Peserta
Peserta

5. Kobra, PKP, Singo deso, dan prinsip gelombang lautan

Seperti biasa, muncul istilah-istilah asing di setiap pelatihan. Kali ini, yang dirilis cukup lumayan. Ada Kobra, PKP (Prinsip Kuda Putih), Singo Deso, dan prinsip gelombang lautan. Mungkin, penjelasannya, akan saya munculkan di halaman Glossary. Anggap saja ini istilah komunitas. anyway, i like these.

6. Susahnya mencari standar ukuran jaket

Ini sebenarnya kisah lontong. Buntut dari apa yang dinamankan dengan perbedaan pendapat. Yak, kami membuat jaket. Pesan di tempat teman saya, Dini. Desain oleh Hendra. Dan, saya makelar tanpa tanda jasanya. Ada masalah yang muncul, yaitu ukuran jaket. Suramlah. Jadi, harap diperhatikan saja, ukuran jaket merupakan masalah sepele yang vital, serta berbuntut panjang. Saya juga masih tidak yakin, S itu berapa cm, dan L itu berapa cm. Tapi, untungnya, hasilnya tidak mengecewakan. Dan cepat. Dan gratis pula. Walau sampai tulisan ini diturunkan, masih terbungkus di kamar saya. Belum sempat dikirim. (Ini juga masalah…).

7. No World Cup here

Serius, ini paling konyol. Saya tidak bisa nonton sebiji pertandingan pun dari Piala Dunia di seminggu pertama. Gila. Dan, baru bisa nonton saat nemu remote tv yang ternyata tidak di-kunci dan bisa nyari siaran UHF. Walaupun rada kemresek, tapi daripada tidak. Ya gak ? Tapi, masih jengkel lah.

8. I like Pelatihan

Oke, sepanjang saya ikut pelatihan, saya tetap excited dengan apa yang disebut pelatihan ini. Sangat wew lah… Hahaha…. Nambah teman, nambah uang saku, nambah pengalaman, nambah ilmu, dan nambah berat badan. Hahaha…

9. Hukum Newton 3 itu, memang berlaku

Ini, terjadi. Memang, perjalanan menuju ke pelatihan ini tidak lah gampang. Halah. Musti ikut seleksi dari ITB dulu. Dan, dengan sangat beruntungnya, saya ranking 10 dari 7 yang lolos. Untung Hendra, Akbar, dan Oscar bisa dapet wild-card. Terus, pas tahap selanjutnya, wedew… Suram nan berat. Halah… Yang nasional terutama, ranking 19 dari 20 yang lolos. Opo tumon. Tapi, mau bagaimana lagi, memang lemah kok. Hahaha… Tidak seperti pas masa SMP dan SMA, yang tiba-tiba muncul banyak keberuntungan. Dan saya bersyukur atasnya. Seriously and obviusly, keajaiban itu tidak pernah ada, kalau kita tidak membuatnya ada. Atau pernyataan ekuivalennya, dimana ada kemauan, dan dengan usaha, di sana ada jalan.

10. Kalahkan rekor Fajar dan Nanang

Biar pas 10. Buat yang lolos, Albert; Oscar; Agung; Tantrawan; Harun; Loa; Satria; kalahkan Fajar dan Nanang… Kalau gak bisa, L.E.M.A.H.

NB : Kalau ada yang bertanya, kenapa judulnya ngambang, karena memang ngambang alias belum pasti akan kelanjutan cerita saya mengenai dunia saya yang satu ini. Saya rada berharap bisa S2 di bidang kombinatorik, terus ketemu orang yang namanya Richart P. Stanley, terus nendang kakinya. Hahaha…

PS : Kebanyakan orang mengatakan saya lebih subur,,, Wooo…. lumayan buat cadangan selama kuliah…

6 comments

    • wah, kalau cuman dibaca bab ini saja, memang rada susah dimengerti, layaknya baca Harry Potter langsung jilid 7….

      anyway, terima kasih kunjungannya…

Tinggalkan Balasan

