Jadwal Serie A Italia, La Liga Spanyol dalam format Excel

Nah, sudah masuk akhir Agustus. Artinya, liga-liga ternama di Eropa sudah mulai bertanding. Pekan demi pekan dijalani, untuk jadi juara, atau masuk zona Eropa, atau hanya sekadar pengen selamat dari jurang degradasi. Nah, sebagai seseorang yang menjadi pengamat (suatu pekerjaan yang termasuk freelance dan tidak dapat gaji, kecuali jadi narasumber siaran tv), saya juga tidak ingin ketinggalan berita atau hasil-hasil pertandingan di tiap liga. Sekaligus, menikmati perjalanan Inter Milan untuk meraih Scudetto ke 19 kalinya. Hahaha…

Nah, pas tadi iseng (gak juga ding), saya pas googling nemu pranala yang menarik. Pranala ini namanya, http://exceltemplate.net/. Di web ini, ada banyak dokumen dalam bentuk Microsoft Excel yang telah dibuat sedemikian rupa sehingga, terjadi kesinkronan dan bisa dimasuki data. Misal, ada yang bisa membuat klasemen atau statistik liga dalam satu musim, hanya dengan memasukan hasil pertandingan. Cara memasukan hasil pertandingan pun sangat mudah. Semudah membalik telapak tangan.

Langsung saja, di sini juga ada file yang bertemakan Liga Italia Serie A, La Liga Spanyol, serta Bundesliga Jerman untuk musim 2010/2011. Bisa langsung diunduh, gratis. Dan, saya yakin, akan sangat menarik. Selain ada jadwal, juga bisa dilihat statistiknya. Kalau Anda main FM alias Football Manager, mungkin semacam itu.

Tapi, tidak cuma tentang sepakbola. Di sana, juga ada file-file lain yang terdiri dari berbagai kategori, misalnya : Calendar, Education, Finance, Health, Introduction, Other, Sports, Formula 1, Soccer, dan Tutorial. Nah, si jadwal La Liga dan Serie A ini, ada di kategori Soccer.

Pokoknya, sip lah. Tapi, sayang, saya gak nemu jadwal Liga Inggris. Mungkin karena masalah uang. Secara ini gratis, sementara kita tahu bahwa Liga Inggris itu matre. Bahkan, konon, cuplikan pertandingannya pun tidak boleh diunggah di Youtube. Wew.

Tapi, saya juga gak nemu jadwal Liga Super Indonesia. Mungkin tidak bisa dibuat. Maklum, jadwal Liga Sepakbola Ala APBD ini, sangat dinamis. Sering banget ganti jadwal.

Oke, kalau malas ngulik web-nya, saya kasih pranala yang langsung ke bagian yang dituju saja :

1. Jadwal Liga Italia Seria A 2010/2011

2. Jadwal Liga Spanyol La Liga 2010/2011

3. Jadwal Liga Belanda 2010/2011

4. Jadwal Liga Jerman 2010/2011

5. Jadwal Formula 1 2010 (ada klasemen pembalap dan konstruktor juga)

Entah, gimana cara bikinnya. Tapi, kalau manual, ribet parah. Sungguh, Mendewa…

Forza Inter

Iklan

7 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s