#NowWatching, Numb3rs

We all use math every day; to predict weather, to tell time, to handle money (and to code). Math is more than formulas or equations; it’s logic, it’s rationality, it’s using your mind to solve the biggest mysteries we know

Judul di tulisan ini tidak alay, tapi memang begitulah tulisan aslinya. Numb3rs. Sebuah serial TV di Amerika. Atau kurang lebih seperti itu. Informasi lebih jau bisa dilihat di sini, sini, atau di sini.

Sebenarnya, ini serial TV yang sudah lama, dan sudah tamat di season 6. Tapi, saya sendiri baru tahu dan mulai menonton beberapa waktu terakhir.

Numb3rs
Numb3rs

Cerita yang dihadirkan adalah, mengenai pemecahan masalah dan kasus di FBI dengan menggunakan matematika. Tokoh FBI nya adalah Don Eppes dan adiknya seorang profesor matematika, Charlie Eppes. Selain itu, ada juga tokoh ayah dua bersaudara Eppes ini, Alan Eppes. Seorang wanita, calon tunangan Charlie, Amita Ramanujan. Seorang ahli tingkah laku manusia, rekan Don di FBI. Dan beberapa lainnya. Banyak hal yang bisa dipecahkan dengan matematika ini, mulai dari memprediksi kejahatan, mencari orang, memecahkan kode, kriptografi, bilangan, dan banyak hal lainnya. Intinya, nyambung sama matematika. Termasuk prinsip-prinsip di ilmu lain, episode 2 mengenai ketidakpastian Heissenberg lho.

Gara-gara nyambung sama matematika inilah, saya jadi tertarik, dan agak menuju ke freak. Sungguh memukau dan menarik perhatian saya. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan matematika di dunia nyata. Tidak sekedar mencari si x yang tiap hari hilang.

Charlie dan Don Eppes
Charlie dan Don Eppes

Setelah saya menonton ini, saya makin yakin, bahwa si matematika itu memang bisa digunakan untuk menjelaskan alam semesta ini, bahkan, kalau perlu dimodelkan dengan matematika. Saya sendiri, pengen jadi si Charlie ini, jadi konsultan dan membantu orang dengan matematika.

Tapi, ternyata, matematika saja tidak cukup. Si Charlie ini juga bisa ngoding lho. Pada beberapa kasus, dia menyelesaikannya dengan bantuan ngoding. Jadi, kayaknya sudah pas lah. Untung masuk IF, hahaha…

Bagi para pencinta matematika, nampaknya serial ini cocok bagi anda. Tapi, jangan lupa kewajiban yang lain. Maklum, satu seri berdurasi 40an menit. Dan total ada 118 episode.

Kalau lebih freak lagi, ada buku yang membahas si matematika yang ada di film ini, sudah saya unggah, monggo kalau sudah freak diunduh di sini.

Somehow, saya juga pengen jadi konsultan matematika untuk segala bidang, mirip Charlie. Ada yang berminat ?

P.S. : Kenapa kalau orang asing itu bikin serial semacam ini sangat niat, Dorama juga. Entah saya bukan target pasarnya atau bagaimana, saya ndak terlalu suka sinetron di Indonesia. Cerita nya gitu-gitu aja. Ndak ada yang baru. Kalau jaman dulu masih mending, ada Bidadari, Jackie, Deru dan Debu, atau sinetron yang dibintangi Tamara Blezinky tentang guru SMA di sekolah barbar.

NB : Yeah, Math is so powerful, so beautiful. Math is natural language, and code is the translator to the machine.

Kalau mau mencari, matematika apa yang digunakan di tiap episodenya, dan beberapa penjelasannya, bisa buka di sini.

Iklan

12 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s