Dibuang sayang, Re-use saja…

Sering kali, saat saya beres-beres kamar, bersih-bersih, pindahan, selesai dari suatu tahap belajar, atau sekadar beres-beres kamar saya pasti nemu benda-benda yang kalau dibuang sayang, kalau disimpan mau buat apa, malah cenderung mengotori atau menambah sesak saja. Padahal, benda-benda tersebut sangat sepele. Misal saja, berkas tugas, buku catatan (maklum, kalau di kelas jarang mencatat, jadi langka), kertas-kertas berisi coretan materi, noteboo dari pelatihan atau lomba, dan sebagainya. Bahkan, nampaknya, saya masih menyimpan buku tulis saat saya SD. Alasan utama saya enggan membuangnya adalah, merasa ada nilai historisnya (halah) atau merasa masih bisa menggunakannya.

Untuk alasan yang pertama, memang tidak bisa diganggu gugat. Yah, walaupun, hampir tidak pernah dibaca lagi. Siapa sih yang mau baca rangkuman rumus asam basa kimia SMA ? Tapi, kertas itu masih terselip di cover binder saya. Atau, apa saya sempat untuk membaca atau sekadar melihat hasil UAS fisika dasar saya ? Entahlah.

Lain cerita kalau kertas atau benda tersebut hasil pemberian, atau bikin bareng-bareng. Misalnya, gantungan kunci atau kaos. Ndak bakal saya buang.

Sedangkan untuk alasan yang ke dua, saya masih menunggu, kapan saat yang tepat untuk menggunakannya. Maklum, yang kepikiran barulah memakai lembar kosong di balik kertas-kertas tersebut untuk coret-coretan. Kalau untuk nge-print di rental, takut ngerusakin printernya. Dan inilah salah satu alasan saya beli printer sendiri. Untuk mengeprint hal-hal tidak jelas, dengan kertas yang tidak jelas.

Untungnya, beberapa mata kuliah memperbolehkan untuk menggunakan kertas re-use, bahkan menyarankannya. Jadilah, gayung bersambut.

Oh iya, sewaktu saya beli printer di BEC, saya nemu printer lebay. Lihat saja :

Printer Super Infus
Printer Super Infus

Lihat saja, itu diinfus dengan tinta di galon…

Somehow, saya jadi sedikit berfikir, coba saja saya lebih sedikit terampil. Jadi bisa me-re-use barang-barang lain. Tidak sekedar kertas buat coret-coretan atau ng-print.

8 comments

Tinggalkan Balasan

