Tugas KI [II3062] Mendeteksi Port Scanning

Tugas :

Anda diminta untuk menggunakan program sniffer (seperti tcpdump, wireshark, dan sejenisnya) untuk memantau jaringan dan menunjukkan adanya port scanning.

Solusi :

Pertama-tama, minta bantuan teman untuk melakukan tugas ini bersama. Kebetulan, saya minta bantuan Hendra, teman satu SMA saya, satu asrama, satu kamar, satu pelatihan, satu kampus, satu jurusan, satu lab, satu tempat KP (amin).

Mula-mula, saya menjalankan wireshark sebagai alat untuk sniffing. Operating System komputer saya adalah Windows 7. IP saya : 167.205.35.86. Sedangkan IP address Hendra 167.205.35.37.

Kemudian, Hendra menyerang saya dengan nmap, dengan perintah :

nmap -sT 167.205.35.86

nmap
nmap

bagian yang dilingkari merupakan daftar port yang terbuka.

Sedangkan, kejadian ini terdeteksi di wireshark saya, dengan filter

ip.addr == 167.205.35.37

tampilan wireshark
tampilan wireshark

Bagian yang saya lingkari adalah port yang diserang, yakni https port 443.

tampilan wireshark lagi
tampilan wireshark lagi

itu yang dilingkari merupakan microsoft-ds port 445.

4 comments

Tinggalkan Balasan

