(Lomba) Statistika dan Fakta Angka (random?) Anda

Beberapa hari yang lalu, saya melakukan hal iseng. Bukan gara-gara tidak ada kerjaan. Kalau kerjaan memang selalu ada lah. Saya, pada suatu ketika menjadi pengawas UTS suatu mata kuliah. Suatu hal yang menjadi ambisi saya selama di ITB. Ingin merasakan bagaimana rasanya menjadi pengawas. Dan, keiisengan pun masuk pikiran saya.

Dalam kondisi sendirian, tidak ada teman ngobrol, saya iseng menebak siapa diantara ke-25 peserta ujian yang akan keluar paling dulu. Tidak perlu melihat orangnya, cukup menebak secara random saja, dari daftar kehadiran. Dan berikut angka pilihan saya :

12-17-4-9-21

Ah, ternyata waktu selesai ujian masih lama. Jadi, saya isenge mengirim sms kepada beberapa teman saya, sebagai berikut :

Sebutkan 5 buah angka berbeda antara 1-25. Untuk data statistika. Cepet.

Mungkin, ada beberapa versi lain, tapi itu versi awalnya.

Selalanjutnya, saya jadi kepikiran untuk mengetahui trend angka yang dipilih orang. Misalnya, angka apa yang paling populer. Akhirnya, saya mengirim sms kepada 25 orang, dimana 23 diantaranya memberikan 5 angka yang saya minta. Berikut ini datanya :

Hasil SMS
Hasil SMS

Catatan :

  1. No 1 merupakan milik saya.
  2. Data diurutkan berdasarkan waktu sms masuk.

Ternyata, saya menemukan beberapa hal menarik berikut (minimal bagi saya) :

  1. Angka paling populer adalah 7 dan 9 (14 kali), disusul 3(10) dan 17(9).
  2. Angka paling tidak populer adalah 18, yakni tidak ada satu pun yang memilih
  3. Perbandingan genap vs ganjil = 31:89, padahal perbandingan pilihannya = 48%:52%
  4. Perbandingan prima vs komposit (tidak prima) = 62:58, pilihannya = 36%:64%
  5. Perbandingan 1-9:10-19:20-25 = 64:40:16, pilihannya = 36%:40%:24%
  6. Urutan acak vs urutan naik = 12:12 = 50%:50%
  7. Data ke-2 dan ke-12, sama persis.
  8. Data ke-15 dan ke-16, hanya beda 1 angka. Catatan, urutan waktu mereka sms juga berurutan
  9. Digit paling populer = 7

Untuk fakta lain, silahkan baca sendiri.

Oh iya, saya juga menemukan responden yang kuncup, misal

  1. Mengirim cuman 1 angka –> wajarlah ya.
  2. Malah menyuruh menggenerate sendiri, pakai pi atau excel. –> tidak sesuai tujuan awal
  3. Mengirim angka kobra, misal pi (3.14), i(akar minus satu), e (bilangan euler, 2 koma sekian lah), phi(golden ratio) –> minta ditabok
  4. Ngotot pengen ganti pilihan. Gara-gara freak sama salah satu angka. –> minta di-dengkul

Terakhir, berikut ini adalah urutan UTSnya

4-12-11-23-22

Ada 4 orang yang berhasil menebak 2 buah angka dengan benar, yakni saya sendiri, Sunni (no 1), Rudi (no 20), Rima (no 21), dan Ita (no 24).

Tapi, dengan pertimbangan urutan, maka yang dinyatakan sebagai pemenang adalah Rima Mustafa. Karena bilangan yang sesuai terurut menurut jawaban. Yakni 12 sebelum 23.

Selamat untuk Rima

Responden terdiri dari :

  1. 24 orang mahasiswa
  2. 4 universitas terkemuka di Indonesia
  3. 10 jurusan berbeda
  4. 10 wanita, 14 pria
  5. 3 orang angkatan 2007, 18 orang angkatan 2008, 1 orang angkatan 2009, 2 orang angkatan  2010
  6. 1 orang sudah lolos sidang, 1 orang sudah bisa lulus, sisanya belum cukup umur

Sampai jumpa di kejuaraan dadakan selanjutnya. Saya ucapkan terima kasih pada semua peserta. Sudah memberi saya kesenangan.

PS : ndak tahu kenapa, tapi sangat menyenangkan melakukan hal seperti ini, somehow

NB :

pemilihan responden diambil secara cukup acak, dengan mempertimbangkan komunikasi beberapa saat terakhir, dan kemungkinan membalas sms dengan cepat dan pasti.

Perhitungan menggunakan bantuan ms.Excel, mata sayu, serta fikiran fatigue saya. Kalau ada kesalahan, tolong beritahu.

 

12 comments

Tinggalkan Balasan

