Truth Order Game

/* oke, saya baru saja meninggalkan Rani – laptop yang VGAnya pernah cacat, batere soak, namun sayang kalau dilembiru – selama1.5 hari. Tapi kok, udah kangen lagi. Dan, yang paling gak ngerti, saya sudah kecanduan nulis blog ini. Entahlah.*/

Kali ini saya mau menceritakan sebuah permainan menarik yang baru saja saya pelajari dari jalan-jalan asisten IRK di Lembang, beberapa jam yang lalu. Namanya truth order (kalau ndak salah denger lho). Biar bagus saya tambahin kata Game, jadi truth game order. Mari kita singkat jadi TOG saja, biar tombol Shift laptop saya kepake.

TOG ini bertujuan untuk mencari siapa sih diantara kita yang paling kenal sama yang lain. Biasanya di suatu komunitas gitu sih. Atau, lebih tepatnya, keluarga. Contohnya, keluarga asisten IRK saya (baru dengan mereka saya mainnya). Mekanismenya seperti ini :

  1. Tiap orang dikasih kartu sebanyak banyak orang yang ikut TOG. (maksudnya, kalau yang ikut 10 orang, ya tiap orang dapet 10 kartu, gitu lah). Kalau gak ada kartu, cari kertas terus tulis nama tiap orang, atau bisa juga pakai benda aneh lain. Misal, kartu nama, kayu, dan semacamnya. Pokoknya, tiap orang dapet benda sebanyak orang yang ikut, dan tiap benda yang dipegang bisa merepresentasikan orang-orang ikut.
  2. Untuk tiap putaran, akan ada pertanyaan. Pertanyaan bisa diajukan oleh setiap peserta. Atau biar gampangnya, muter aja.
  3. Pertanyaan yang diajukan haruslah yang nyangkut ke komunitas tersebut, dan jawabannya haruslah salah satu peserta TOG. Misal, siapa orang yang paling cantik?
  4. Untuk setiap pertanyaan, harus dijawab oleh semua peserta TOG. Menjawab dengan cara memilih benda yang representatif tadi. Ibaratnya, mirip voting lah. Dan tidak boleh contek-contekan, atau diskusi. Pokoknya dari hati lah.
  5. Setelah semua selesai menjawab, semua menunjukan jawabannya. Kemudian dihitung, apa jawaban mayoritasnya. Untuk setiap peserta yang menjawab sama dengan jawaban mayoritas, akan diberi satu poin.
  6. Pemenangnya adalah peserta yang memiliki paling banyak poin di akhir permainan. Permainan berhenti ketika : sudah capek, sudah kelamaan, dan sejenisnya. Pokoknya, terserah peserta lah.
  7. Tidak boleh ada protes, marah-marah, atau yang aneh-aneh lainnya. Apapun jawabannya.

Itu 7 aturannya. Sengaja saya pas-kan 7 kok. Lalu, apa sih serunya ?

Kita bisa tahu, perasaan, pandangan, dan kedekatan temen diantara keluarga tersebut.

Kita bisa tahu, apa yang kita tidak tahu.

Kita bisa makin akrab dengan keluarga itu.

Kita diberi kesempatan curhat secara formal dan lucu.

Hal lain yang seru, misalnya ada jawaban-jawaban yang tidak terduga. Misal, pas tadi saya main, ada yang nanya :

Siapa yang paling jago berenang ?

Dan, konyolnya, ada yang jawab SAYA. Haduh… Jadi gak enak…

Pokoknya, serulah. Dan bermanfaat kok. Contoh-contoh pertanyaan-pertanyaan yang rada wew.

Siapa paling sering galau ?

Siapa paling aktif di facebook ?

Siapa yang paling lucu ?

Siapa yang paling cepet nikah ?

Siapa yang paling diingat 20 tahun lagi ? –> sumpah, ini bisa bikin saya nyess….

Siapa yang paling memalukan ?

Siapa yang paling kayak anak kecil ?

Siapa yang paling kaya nantinya ?

Siapa yang paling sabar ?

Siapa yang paling suka telat ?

Yah, itu lah beberapa diantara pertanyaan-pertanyaan yang kepikiran pas nulis postingan ini. He… Pokoknya seru lah. Coba saja… Kalau sudah, kasih tahu saya, gimana rasanya ?

PS : pas main, bisa diiringi lagu bertema persahabatan, misal :  You Know Me So Well (jangan ding, saya sedang tidak ingin ayan) Kita, Sahabat Sejati, Sebuah Kisah Klasik, I Remember, atau lainnya.

NB : Saya jadi suka nulis malam-malam gini. Menjelang tidur. Ketika sudah berganti hari.

2 comments

Tinggalkan Balasan

