Google mengejar Facebook, kita terinjak

Sore ini, saya baru bisa buka internet, dan langsung melihat sesuatu yang mencolok, Google+. Salah satu produk baru dari Google di ranah jejaring sosial. Mau mengejar Facebook yang konon sudah punya member 750 Juta, setara 3 kali penduduk Indonesia, kayaknya.

Google+
Google+

Apa itu Google+ ? Saya sendiri belum sempat mencoba, karena telat juga. Versi “invite”-nya sudah ditutup. Terpaksa menunggu pas udah dirilis saja. Susahnya, jadi bukan siapa-siapa. Tapi, sudah ada sedikit preview dari Google mengenai fitur-fiturnya, yakni : Circles, Hangout, Huddle, dan Sparks. Kalau saya lihat sih, seperti me-redefine fitur-fitur di facebook, tapi lebih teratur. Misal, Circles, yang memudahkan kita untuk mengelompokan teman kita, sesuai wilayahnya. Tidak seperti facebook yang cenderung semrawut. Untuk fitur lain, silahkan Bing sendiri. *Kali ini saya menggunakan “Bing” kali ini biar tidak keliatan mendukung Google+ atau Facebook. He…

Kita lihat saja, apakah bisa menyalip Facebook, atau senasib dengan Google Buzz dan Wave.

Yang saya garis bawahi di sini, bukan apa itu Google+, dan bagaimana si Facebook menjawabnya. Yang akan saya garis bawah adalah, dimana posisi KITA ? Kita sebagai penduduk Indonesia, atau anak muda lebih khususnya. Apakah sekedar pengguna dan terinjak?

Well, sejujurnya, saya panik. Saya sendiri masih belum ngapa-ngapain. Masih sebatas nongkrong di depan laptop. Sementara, seperti yang sudah saya sebutkan di atas, Google+ dan Facebook sudah berlari entah sampai mana. Atau, kita lihat yang dekat-dekat saja. Beberapa start-up yang cukup kreatif, atau pembuat game yang sudah sekali dua kali merilis game-nya. Atau, lihat teman-teman di sekitar saja saya lah. Sekali lagi, Where am I ?

Di mana posisi kita di dunia ini? Apa kita bakal dikenal sebagai “salah satu pemilik akun FB dan Google+”  atau “salah satu saingan berat Facebook dan Google+”.

Semoga, satu semester ke depan, saya sudah jauh lebih baik dari saat ini. Amin. Anda juga tentunya.

Laki-laki harus kuat…

sumber gambar : kompas

5 comments

  1. @bibah : wooo… bayari aku nang trans studio yo… invite dong… pengen nyobain…
    @aish : yo mesti lah ish… Perempuan juga harus kuat… hayo, kuat-kuatan… tur, saiki isih kuat kowe…. *ketoke nek aish ki sing dikomentari, kebanyakan kalimat terakhir….

Tinggalkan Balasan

