Mata Musafir (Part 3)

Kalau dihitung-hitung, saya sudah 3 kali ini menulis Mata Musafir (sebut saja MM). Sebuah proker diri sendiri buat satu semester ke depan. Mencakup masalah macem-macem. Misal, akademik, skill, kegiatan, atau sekedar kebiasaan baru yang ingin dilakukan. Bentuknya masih taraf alpha, alias belum jelas. Tapi, sudah bisa lah jadi parameter untuk dilihat di akhir semester. Ternyata belum seratus persen saya ikuti. Buktinya, MM semester lalu, hanya punya indeks prestasi 0.95 skala 2. Jelek parah.

Ya sudahlah, yang berlalu biarlah berlalu. Mari lihat ke satu semester ke depan.

Sudah ada 57 poin yang mau saya capai di semester depan. Sudah saya buat cukup terukur, biar sesuai dengan kriteria SMART. Cukup banyak, 57 poin. Padahal, semester kemarin hanya 40 poin saja. Apa saja isinya ?

  1. Ramadhan
  2. Agama Islam
  3. Hardskill – IF
  4. Akademik dan Labtek V
  5. Organisasi
  6. Skill atau kebiasaan
  7. Finance
  8. Kompetisi
  9. Obsesi
  10. Misc
Baru sadar, ada 10 (banyak juga) kategori. Isi detail, tidak akan saya jembeng di sini. Beberapa, ada yang di level classified. Tapi, beberapa akan saya share di sini kok.
  1. Ramadhan
    Wah, ini wajib. Ramadhan tahun ini harus lebih baik dari yang sebelum-sebelumnya. Beberapa hal sudah saya rencanakan. Termasuk membuat jadwal kegiatan (dan jadwal buka bersama, he…) selama Ramadhan. Tambahan, saya punya ide untuk membuat semacam daftar kegiatan-kegiatan yang cenderung wasting time, seperti twitteran, fb-an, nonton film, atau bahkan sepakbola. Bukan apa-apa, saya kemarin baca tulisan temen tentang persiapan Ramadhan. Beuh… Malu saya. Jadi, diharapkan, dengan adanya daftar tersebut, saya bisa teringat dengan mudah, apa saya ini sedang panen pahala atau apa. Daripada ngejunk kan mending baca Al Quran.
  2. Menamatkan 1 buku perbulan.
    Jujur, saya terinspirasi dari seseorang. Nampaknya, saya selama ini cenderung membaca hal-hal yang bersifat non-buku. Padahal,  setelah saya pikir-pikir, buku belum bisa terganti. Bahkan dengan ebook. He… Yah, saya mulai dari novel saja dulu. Saya juga mau bikin akun goodreads, halah…
  3. TA – Tugas Ahey…
    Hmm, sesuatu yang besar menurut saya. Bukan berat atau sulit, tapi ini kesempatan untuk mengkreasikan sesuatu yang WOW. Entah apa itu, saya juga belum ngeh.
  4.  Apps
    Entah kenapa, saat KP kemarin, saya sangat termotivasi untuk membuat aplikasi yang saya butuhkan atau saya sukai. Terlepas dari nilai ekonomi atau apapun. Jadi, semoga, di satu semester ke depan, saya sudah punya beberapa aplikasi yang mampu memuaskan hati saya sendiri (dulu). Tapi, sekali lagi, saya butuh designer. Ada yang mau ? Catatan, beruntungnya, atau mungkin bisa disebut mestakung alias semesta mendukung, ada banyak kesempatan yang menarik. Puas hati dan puas perut nampaknya. Amin. Masih nubie ini…
  5. TOEFL
    Lontong, pokoknya, saya musti nembus 7 poin lontong itu. Masak sih gitu aja gak bisa. Listening-nya lebih susah punya Ms. Gul malah. Huwah…
  6. Obsesi
    Obsesi adalah cita-cita bagi orang dewasa. Halah. Ada 4 Obsesi. Semuanya berat-berat. Tapi, semoga di akhir semester ini, sudah ada progres dari masing-masing obsesi tersebut.
  7. Actually, I cant say good bye to Ms. Math
    Apa nih maksudnya ? Entahlah. Saya hanya ingin me-reduce fokus saya untuk Ms. Math ini hingga ke level minimal. Akan saya alokasikan untuk apps. Tapi, sama seperti milih mata kuliah, ada yang namanya PRS alias ganti target. Tergantung kepada orang-orang di sekitar saya. Hal ini sungguh berat bagi saya. Baru saja saya mengatakan tidak, pada tawaran yang menggiurkan (lagi).
Ah, cukuplah itu saja yang saya share. Saya yakin, Anda pasti merasa tidak ada manfaatnya membaca tulisan ini. Tapi, bagi saya, dengan menulis ini, saya cukup mendapatkan manfaatnya, misal mendokumentasikan change log dari MM ini. Oh iya, MM ini efektif dari 25 Juli 2011 hingga 17 Januari 2012.
Semoga sukses bagi saya, dan saya, dan saya, serta Anda juga. Hahahaha….
PS : wew, untuk postingan kayak gini saja, hampir 600 kata… Aih….
NB : Saya beberapa hari terakhir, kepikiran dengan tanggal 25 Juli. Entah ada apa. Ada yang tahu ?
Tinggalkan Balasan

