Iqra

Sebelum lupa, dan melakukan hal yang sama berkali-kali. Saya baru sadar, seringkali saya kepikiran hal atau sesuatu yang saya kira baru dan unik, tetapi sudah dipikirkan orang, bahkan dibuat paper, buku, atau diformulasikan oleh mereka. Dan, mereka melakukan hal tersebut, jauh sebelum saya kepikiran untuk memikirkan hal tersebut. Cukup jengkel ketika mengetahui mbah Vigenere sudah lahir 300 tahun yang lalu. Hilang sudah peluang saya memunculkan nama saya di slide kuliah. Kejadian ini tidak satu atau dua kali saja.

Kadang, saya merasa pengen hidup di jaman dulu, dan bisa mendahului orang lain nemu sesuatu yang wow. Contoh lah, nemu teorema Phytagoras. Kan bangga tuh, setiap lihat setiga, jutaan civitas akademik bakal teringat nama saya,

Oh, segitiga, pakai teorema Ismail Sunni aja kalau gitu…

Well, saya pikir lagi, ternyata saya kok jadi tidak bersyukur. Astaghfirullah. Kalau hidup di jaman dulu, mana bisa saya nulis blog ini misalnya. Belum lagi kenikmatan lainnya. Dan tentunya, saya bisa punya kesempatan nemu sesuatu yang lebih wow dari mbah Phytagoras.

Kembali ke permasalahan. Akhirnya, saya nemu benang merahnya. Saya kurang membaca. Saya ingat-ingat lagi, selama ini saya sekadar baca berita di koran, web, majalah atau media lain. Bukan buku, atau paper. Dan, baru saya sadari, berita memang sumber informasi yang luar biasa. Tapi, tidak banyak yang memuat formulasi suatu ilmu. Padahal, (menurut saya lagi) kalau tidak diformulasikan, hanya sekadar informasi, bukan knowledge. *Oke, ini sangat sok tahu.

Jadi, saya akan mulai membaca buku. Sudah kepikiran dan punya keinginan baca buku ini, buku itu. Dan, seperti biasa, malah bingung. Ada yang mau kasih saran ? Siapa tahu cocok dengan minat saya.

Lalu, saya sadar, wahyu dari Allah SWT yang pertama turun, Al Alaq 1-5. Iqra. Subhanallah.

NB : saya punya akun goodreads lho. Yang sudah saya baca : novel sangat populer. Suram.

NB lagi : well, saya kepikiran sesuatu. Lagi. *Ah, ide tanpa implementasi sama dengan hoax.

Tinggalkan Balasan

