CeriTA = Cerita Tugas Akhir

Harusnya, malam ini, ketika menulis posting, saya musti mengumpulkan progres bab 2 untuk TA saya, alias Tugas Akhir. Saya akhirnya submit lho. Sepulang dari kampus, beli makan, belum dimakan, langsung tepar. Bangun-bangun sholat Isya dengan sangat loyo. Baru menyadari, saya telat makan dan kurang tidur. Langsung lah, makan dan menghadap laptop. Ngecek email *apasih, bukannya mulai ngerjain TA.

Ngomong-ngomong soal TA, saya perhatikan ada kelakuan-kelakuan yang khas dari teman-teman saya yang juga sedang ngambil TA. Berikut pengamatan saya :

  1. Mulai takut dan menjauhi dosen pembimbing
    Hal ini terjadi ketika diajak bimbingan dan belum ada progres. Sampai-sampai takut melewati lab dosen pembimbing. Takut ditanyain
    “apa kabarmu hari ini nak ?” , “Baik bu/pak….”
    “TA juga baik-baik saja ?, sudah lama tidak melihat”, “Err… maaf pak/bu, saya sudah terlambat kuliah….” *pret…
    Bagaimana dengan saya ? Malu juga sih kalau gak ada progres. Tapi, untungnya, ruangan  dosen saya tidak satu gedung dengan tempat saya biasa mangkal. Jadi, aman lah kalau mau lari marathon di gedung tempat mangkal.
  2. Mulai timbul keinginan ganti topik
    Catatan saja, minggu depan adalah draft final bab 1, 2, dan sedikit bab 3. Akhir Desember sudah super final. Dan 9-20 Januari adalah seminar TA 1. Namun, ada beberapa orang yang merasa salah pilih topik. Ada juga yang salah milih dosen pembimbing. *Errr…
    Menurut saya, ada dua kemungkinan kenapa seseorang merasa salah topik. Pertama adalah memang bukan topik yang sesuai dengan “nama topik”  sebelumnya, sehingga merasa tidak pas. Dan ke dua adalah stuck. Biasanya sih, kalau kita stuck kita mendadak tertarik ke bidang lain dan merasa lebih bisa di bidang itu. Yah, seperti yang pernah saya singgung di beberapa postingan sebelumnya, ini namanya pembenaran. Hahahaha…. Ya kalau stuck itu musti tetep diseruduk biar temboknya jebol. Bukan nyari jalur lain yang temboknya belum tentu kelihatan.
    Kalau saya sendiri, milih topik gara-gara tertarik sama topiknya. Jadi ya siap-siap saja. Kayak ketemu jodoh, kalau tertarik gak peduli orang tuanya serem, tetep maju tak gentar. Gentar saat diusir. *sok  tahu, sok punya pengalaman.
  3. Procrastination
    Ini sebenarnya tidak terjadi di TA saja sih. Biasanya ditengarai dengan munculnya kalimat seperti berikut ini :
    “Ya udah lah ya, masih minggu depan ini deadline draft bab 1 nya”
    “Ya udah lah ya, masih besok  ini deadline draft bab 1 nya”
    “Ah, kayaknya sejam juga jadi kalau cuman Pendahuluan”
    “Gak usah nge-submit aja kali ya, toh yang ngasih nilai pembimbing”
    “Halah, yang belum mulai ngetik bab 1 juga masih satu kloter”
    Terus, ujung-ujungnya buka 9gag, kaskus, facebook, twitter, wikipedia, youtube, mangastream, techcrunch, kompas, detik, market android, yahoo, gmail, wordpress, blogspot, tumblr, dan balik lagi ke 9gag.
    Saya nemu ilustrasi yang cukup bagus untuk procrastination ini :

    The Procrastination Flow Chart
    The Procrastination Flow Chart 

    Belum lagi anime macam one piece, failry tale atau serial TV macam HIMYM, TBBT, serta jangan lupa audio visual dari korea macam Running Man dan sejenisnya (gak tahu, gak pernah nonton). Belum lagi ada Liga Champions atau sekedar donlot highlightnya.
    HUAAAAAA…..

  4. Sebenarnya mau nyampe angka 7, tapi kok…. wew ini juga masuk procrastination gak sih?

Yah, akhir kata, semoga dimudahkan dalam mengerjakan TA-nya. Jangan lupa back up  data. Jangan percaya hard disk saja. Dropbox atau 4shared mungkin jauh lebih bisa diandalkan.

Selamat malam.

PS : Jangan pernah mengkombinasikan telat makan dan kurang tidur.

sumber gambar : http://ehdom.com/flowchart/

Iklan

3 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s