Toilet dan Teman Facebook

Kepala juga butuh istirahat. Mari istirahatkan kepala sejenak.

Toilet

Kemarin, saya menjenguk seorang teman yang sedang sakit. Karena cukup lama menjenguknya, saya juga solat di rumah sakit tersebut. Kebetulan, tempat wudhunya hanya satu. Untuk laki-laki dan perempuan. Karena antrian cukup panjang, saya leyeh-leyeh sebentar dengan duduk di dekat antrian.

Beberapa saat kemudian, merasa sudah kelamaan leyeh-leyeh, saya lihat antrian, masih 2 orang perempuan lagi. Well, saya putuskan untuk wudhu di washtafel. Saya masuk ke toilet sebelah kiri tempat wudhu. Ketemu juga wastafelnya.

Sayang seribu sayang, ada kertas tertempel seperti ini :

Mohon untuk tidak wudhu di washtafel
Mohon untuk tidak wudhu di washtafel

Terurungkanlah niat untuk menggunakan washtafel. Saya amati juga, tidak ada tempat buang air kecil yang sambil berdiri. Hanya ada dua buah kamar kecil, dimana salah satunya terbuka. Ada niat untuk menggunakan keran di sana. Tapi kok, males. Saya pun keluar.

Belum ada yang aneh. Sampai saya kembali ke antrian. Mbak-mbak yang tadi wudhu sudah selesai. Namun, dia tidak lantas menuju ke tempat solat. Dia malah masuk ke toilet yang saya masuki tadi. What??? Saya cek pintunya. Astaghfirullah. Ternyata tadi saya masuk ke toilet perempuan. Langsung, saya pasang pokerface.

Poker Face
Poker Face

Berpura-pura tidak terjadi apa-apa. Padahal… *pantesan ndak ada toilet berdirinya.

Keesokan harinya, saya mengunjungi lagi. Saya cek toilet prianya. Apakah ada larangan untuk tidak wudhu juga. Ternyata, ada.

Toilet pria
Toilet pria

Lesson Learned : Secara empiris, nampaknya toilet perempuan selalu di sebelah kiri toilet laki-laki. Ada yang bisa memberikan alasannya? Sudah gugling dan tidak nemu.

 

Teman Facebook

Di waktu yang tak jauh dari kejadian itu, saya sempat melihat soal menarik. Kombinatorik tentunya. Bersumber dari status facebook mas Zakka Fauzan. Kata beliau, ini modifikasi dari soal lain. Monggo dicek.

let’s say we live in a “very strange” world of Facebook, in which everyone have 1000 friends. In addition, every n people will have exactly ceil(1000 * (1/10)^(n-1)) friends in common. How many friends of friend do I have?

addition: friends in common only holds for n <= 1000, otherwise, the number of friends in common is 0. Ceil(x) refers to ceiling function.

Lama tak melihat soal semenarik ini. Walaupun ada bugnya. Saya modif lagi saja, sekadar mengganti ceiling function menjadi floor function. Entah, sudah bugfree atau belum. Ada yang tertarik mengerjakan?

PS : Semoga Hendra lekas sembuh…

NB : Masih belum ngetwit, efek TA gak nembus-nembus bab 3. Akhir pekan ini harus selesai. Amin,

2 comments

Tinggalkan Balasan

