Komunikasi : ACK

Dalam dunia jaringan komputer (salah satu mata kuliah yang tidak terlalu saya sukai), ada istilah ACK yang merupakan pesan yang dikirimkan oleh receiver bahwa dia telah menerima paket dari sender. Hal ini penting bagi sender untuk mengetahui apakah hal yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik atau tidak. Sesungguhnya, ide ini mengambil dari perilaku manusia ketika berkomunikasi. *Gak tahu ding, ini saya hanya deduksi saja

Sayangnya, saya menemukan hilangnya ACK ini di kegiatan berkomunikasi. Misalnya saja :

  1. Ketika menerima email atau sms jarkom yang menginginkan konfirmasi, seringkali kita (kita dan bukan kalian) tidak membalasnya. Padahal, walaupun kita (sekali lagi, kita) merasa mempunyai jawaban positif (misal, pasti datang ke suatu acara), tanpa adanya ACK dari kita si pengirim akan bimbang bin bingung, “si A kok gak konfirm ya…
  2. Ketika berkomunikasi di jalur yang penuh noise atau gangguan. Contohnya apa nih ? Lihat gambar berikut ini :
    Loket Stasiun
    Loket Stasiun

    Pada gambar di atas, lingkaran kunng merupakan speaker yang harusnya bisa memperjelas suara penjaga loket. Tapi, entah hanya saya atau bagaimana, kok rasanya tidak berguna. Saya cek, mikrofonnya pun jauh dari penjaga loket. Entah kalau ada mikrofon tersembunyi. Padahal, stasiun merupakan lokasi yang cukup berisik. Gangguan untuk berkomunikasi antara pembeli tiket dan penjual tiket sangat besar. Dengan kurang berfungsinya si mikrofon ini, tentu pembeli tiket akan mengecek ke bahasa tubuh si penjual via kaca. Untuk memastikan apakah permintaannya sedang dilaksanakan. Tapi, entah saya lagi sial atau bagaimana, seringkali saya dihadapkan pada kondisi penjaga loket ini punya inersia tinggi untuk sekadar manggut-manggut. Jadi ya, agak khawatir juga, “ini permintaan saya udah dikerjakan belum sih”.

Mungkin sudah cukup jelas akan ACK ini sekaligus saya curcol atas pengalaman yang biasa saya temui di stasiun. ACK ini juga berbahaya bagi hubungan asmara. Misal, kita gak pernah nelpon, gak pernah sms. Tentu pasangan kalian (kalian ya, bukan kita) bakal protes. Seperti iklan salah satu operator berikut ini. Serius, bikin ngakak. Bukan promosi lho ya….

Oh iya, kalau teman-teman dari kelompok PPL saya nambahin :

SMS gak pernah, nelpon gak pernah, YM invis…

Ahuahua… =))

Hiburan yang sangat wah di tengah menjamurnya boy/girl-band di Indonesia. *apasih…

Apalah postingan ini, melenceng dari bahasan utama. Ya udah lah ya… Bukan TA ini…

Kesimpulannya : kirimlah ACK kepada yang membutuhkannya.

PS : Selamat tidur bagi yang membutuhkan… Semoga lekas sembuh bagi yang sakit… Semoga Inter menang lagi nanti malam…

Tinggalkan Balasan

