Moneyball, Sabermetrics, dan Overrated

Beberapa waktu yang lalu saya menonton film Moneyball. Sebuah film yang mengkisahkan awal mula penggunaan teknologi saber metrik (sabermetrics dalam permainan baseball. Sedikit spoiler saber metrik ini adalah teknologi yang digunakan untuk melihat kemampuan seorang atlet secara objektif berdasarkan statistik pertandingan yang dimilikinya. Dari angka-angka ini lah bisa dilihat mana pemain yang hebat tapi memiliki harga murah. Bahkan, bisa digunakan untuk memprediksi si atlet di masa depan.

Beberapa waktu yang lalu juga, saya sempat membaca buku yang berisi petuah-petuah dari Warren Buffett. Tapi, saya lupa judulnya. Jadi, kalau tidak salah ingat dan tidak salah menyimpulkan, mbah Warren Buffet ini bisa menjadi kaya hanya dengan membeli perusahaan atau saham yang harganya benar-benar sesuai dengan kenyataan atau bahkan lebih murah. Bukan saham atau perusahaan yang digembor-gemborkan sehingga harganya lebih mahal dari yang seharusnya.

Di belahan dunia lain, dunia sepakbola misalnya, hal ini juga sering terjadi. Misal, ketika sebuah klub membeli pemain baru, dengan harga yang sangat mahal. Tapi, ketika dimainkan sangat tidak sebanding dengan harga yang ditebus. Dilihat dari daftar 10 pemain termahal hingga tahun 2011, ada dua pemain yang menurut saya tidak sebanding dengan harga yang ditebus, Fernando Torres dan Andy Carroll. Menurut saya lho. Boleh berpendapat berbeda. 🙂

Lalu apa yang sebenarnya terjadi ? Menurut saya, ini disebabkan tidak adanya standar yang jelas dalam mengatur harga tersebut. Banyak kerugian dan sebaliknya banyak keuntungan yang muncul. Mungkin saja, pemain baru yang mahal tersebut tidak cocok dengan skema permainan atau filosofi yang dimiliki di klub barunya. Atau karena memang si pemain tidak memiliki harga setinggi itu jika dilihat dari kemampuan aslinya.

Suatu kali, saya pernah membaca. Tingginya harga tersebut dikarenakan media yang terlalu membesar-besarkan kemampuan pemain. Hal inilah yang kadang membuat saya jengkel. Apalagi, ketika tim kesayangan membeli pemain yang belum tentu jago namun mahal. Konon, timnas Inggris itu hanya kelihatan jago di media massa, bukan di lapangan hijau. Begitu pula rookie semacam Lucas dan Ganso. Belum matang lah. Itulah, overrated. Menilai terlalu tinggi.

Pernah kepikiran untuk menerapkan saber metrik di dunia sepakbola. Namun, ada hal besar yang menghalangi, yakni dalam baseball ketergantungan pemain sangat minim tetapi tidak di sepakbola. Contoh paling gampang, Messi sangat luar biasa di Barcelona, tapi di timnas Argentina sangat mlempem. Karena memang, kita tidak bisa memenangi sepakbola hanya dengan satu orang. Posisi pemain juga merupakan hal penting dan harus diperhatikan. Percuma seorang pemain sangat jago, namun tidak masuk dalam skema permainan kita.

Hal-hal itulah yang saya pikirkan ketika main Football Manager atau FM *penting parah. Tidak seperti di dunia nyata, statistik lengkap tersedia di permainan ini.  Atau jangan-jangan, di dunia nyata, statistik seperti di FM ini beneran ada ? Jika ada, kan bisa dipakai tuh, minimal tidak buang-buang duit 50 juta pounds hanya untuk 4-5 gol. He… Jadi penasaran, SEGA  Sports Interactive mendapatkan data untuk FM dari mana ya? Membuat sendiri atau ngambil dari mana gitu atau hybrid… hmm…

Tapi, ada peluang lho dibalik ketidakjelasan ini. Misal nih, kita jualan sesuatu yang belum ada standarnya, kita bisa meninggikan harganya dong. Atau, sama seperti yang dilakukan mbah Warren atau Wenger, membeli yang harganya rendah untuk sesuatu yang sangat berharga di masa depan. Mungkin, Moneyball bisa digunakan.

Tapi, seandainya semua hal bisa dimodelkan dan diprediksi, jangan sampai kita terlalu bergantung pada moneyball ini. Misal, dari moneyball bisa diprediksi masa depan seorang bayi, apakah sukses atau tidak. Saya yakin, manusia itu terlalu rumit untuk dimodelkan. Ada banyak faktor seperti semangat, emosi, dan hal-hal semacamnya. Dan tentunya, ada Sang Maha Pencipta.

Ah, sudah lah… Sudah cukup ngelantur. Besok musti seminar. Belum nyeterika kostum seminar. Untung sudah minjem dasi dan sudah ada template dasinya.

Iklan

4 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s