Mata Musafir : Void Semester dan Swasta

Void Semester

Hmm, harusnya, saya melakukan review mengenai apa dan siapa saya selama satu semester terakhir sesuai kebiasaan. Namun, sialnya, tidak banyak yang bisa saya ingat secara mendetail tentang semester kemarin. Bukan tidak ada apa-apa, malah sebaliknya, kepenuhan dengan berbagai hal. Namun sebaliknya, cukup banyak muncul hal-hal yang di luar perkiraan di awal semester yang menyebabkan kepanikan. *lebay sih. Tapi, jujur sih, memang banyak kok. Untungnya, saya bisa mengambil banyak pelajaran dari semester kemarin. Alhamdulillah lah.

Banyak kejadian yang mungkin bisa saya catat di blog ini tapi tidak sempat. Misal saja, acara Gathering Tanoto Foundation, tentang akademik, tentang liburan, tentang menjadi menteri keuangan, dan lainnya. Tapi, apa daya, ndak sempet. Yang salah tentu saya. Saya pikir, manajemen waktu saya jauh dari taraf dimana mampu mengorganisasikan segala kegiatan dengan baik. Bukti, masih cukup sering terjadi kelupaan jadwal atau masih sering melakukan sesuatu dekat dengan deadline.

Kalau boleh meminjam istilah di One Piece, saya sebut saja semester kemarin itu sebagai Void Semester. Sama seperti Void Century di One Piece, ada banyak kejadian (yang lumayan) penting terjadi di rentang waktu itu. Tapi, karena suatu hal, hampir tidak berbekas kecuali di poneglyph yang mengacu pada catatan insidental saya.

Sebenarnya, saya sempat membuat postingan khusus mengenai semester lalu. Tapi, setelah saya lihat-lihat, banyak void di sana sini. Saya putuskan, masuk draft saja. Selain itu, pas saya cek targetan saya di semester lalu, lalu memberi nilai untuk masing-masing targetan berdasarkan realisasinya, nilai yang saya peroleh kurang dari 50%. Bad dum tsss. Menyedihkan. Entah saya yang kurang pandai memprediksi atau apa ya. Belum bisa memperkirakan waktu yang pas untuk suatu targetan mungkin. Ditambah banyak hal-hal yang mendadak muncul di tengah semester.

Tapi, seperti yang saya tulis di awal tadi, semester kemarin memang padat dan menyenangkan.

Swasta

Yap, saya sekarang jadi Swasta, singkatan dari “mahaSisWA Santai Tingkat Akhir” atau “mahaSisWA Sibuk Tugas Akhir”. Entahlah, belum nemu singkatan resminya. Dan inilah saya sekarang, Swasta. Kuliah yang tinggal 8 sks, sudah termasuk TA 4 sks. Dua buah MKDU nampaknya cukup. Dan, sekarang masih sangat malas melanjutkan TA yang cukup padat revisinya.

Lalu, apa saja yang akan saya lakukan di semester depan ?

  1. TA
    Jelas lah ya… Dengan revisi TA 1 yang cukup melontong dan padat. Apa boleh buat, musti mengalokasikan waktu yang lumayan. Untung ndak terlalu banyak ambil sks. Semoga lancar. Sudah ada ide yang lumayan buat nambal revisi.
  2. Moneyball
    Seperti mahasiswa IF pada umumnya. Cari ilmu yang menyenangkan sekaligus nambah tabungan. Sudah ada untungnya. Baru kali ini saya dapat kerjaan yang menarik. Atau menarik di awal? Ndak ah. Mirip TA saya ini. Menjadi sedikit lebih profesional lah. Semoga muncul moneyball yang lain. He…
  3. Olahraga
    Selain futsal dan sepakbola tentunya. Saya ingin bisa berenang. Huehuhe… Nampaknya skill ini butuh dimiliki. Siapa tahu, nanti pas ke Venezia, Italia, naik gondola, kecemplung. Kan bisa bilang, “dont worry crut, I can swim” atau versi Italia nya “non ti preoccupare, posso nuotare *hasil gugel translete.
    Masak iya, udah 3.5 tahun di ITB, belum pernah renang di Saraga. Entah kenapa, saya takut kecemplung di air, kelelep, terus gak ada yang nyadar. Aih…
    Satu lagi, saya pengen badminton. Biar rada seimbang. Ndak cuman betis dan paha yang gede dan kokoh. Hahaha… Rencan mau nimbrung di jurusan saja.
  4.  Buku
    Aih, saya pengen memperbanyak baca buku. Tapi, melihat ke belakang, saya sangat aktif baca buku hanya ketika di kereta. Masak iya, musti sering naik kereta supaya bisa baca buku. Tapi, boleh juga. Melihat jadwal kuliah yang bahkan belum terasa ini, saya bisa pulang di hari Kamis sore, balik ke Bandung Senin malam. Atau, sekalian aja bolos. Jadi seminggu. Plak
  5. Nonton Inter Milan
    Yes, ini salah satu hal yang saya tunggu. Bulan Mei 2012, Inter Milan bakal main di GBK. Walaupun ndak semua pemain ikut, karena persiapan Euro 2012, ndak papa. Saya pengen liat aja langsung kayak apa Zanetti itu main. Sama Alvarez. Melihat si daging si pemain langsung jauh lebih menarik daripada lihat video Youtube. Semoga lancar, dapat tiket, dan dapat rombongan. Harapan lain : mendadak dapat kesempatan khusus ketemu mereka. Ndak tahu kayak gimana caranya.
  6.  Beberapa hal rutin
    Hal-hal yang rutin namun perlu dilakukan. Misal, menjadi asisten yang baik hati. Nampaknya sih bakal jadi asisten Kriptografi. Soalnya, asisten yang lain pengen IMK. Menulis artikel buat majalah dengan lebih baik, terutama segi waktu. Update blog teknikal lebih sering. Dan kewajiban di Asrama, sebagai MPA. *Oh, nyari kasir… Apalagi ya… Hmm… yang tidak masuk di sini, masuk di poin ke tujuh saja.
  7. Beberapa hal rahasia
    Haha, rahasia tho ya… Memang kok, ada beberapa hal yang pengen saya capai, tapi diam-diam. He… Alasannya, anggap saja cukup pribadi. Bukan nyari jodoh kok. Saya lebih seneng kalau jodoh saya yang nyariin saya. Pokoknya rahasia saja. Biar pas 7 poin juga.

Sudahlah. Nampaknya sudah cukup. Masih banyak kerjaan buat dilakukan. Semoga semester yang lebih baik dari semester lalu. Dan banyak hikmah yang saya peroleh.

Forza Il Biscione….

2 comments

Tinggalkan Balasan

