13, Mutual Friend Probability, dan Epsilon-Delta

// Sembari menunggu program berjalan, saya selalu kepikiran yang aneh-aneh.

13 = Unlucky Number?

Biasanya, kebanyakan orang menganggap angka 13 ini adalah bilangan pembawa sial, selain 4 atau mungkin 666. Sampai-sampai ada istilah Triskaidekaphobia. Banyak yang percaya, sebagian lagi tidak. Bahkan malah menganggap 13 ini sebagai angka pembawa keberuntungan. Saya sendiri termasuk yang tidak percaya angka itu membawa keberuntungan.

Tetapi, kemarin saya sempet gugling dan menemukan fakta bahwa 13 itu termasuk Lucky Number, Happy Numberdan Fortunate Number. Bahkan termasuk Lucky Prime Number juga. Berikut barisannya :

  • Lucky Number : 1, 3, 7, 9, 13, 15, 21, 25, 31, 33, 37, 43, 49, 51, …
  • Lucky Prime Number : 3, 7, 13, 31, 37, 43, 67,  …
  • Fortunate Number : 3, 5, 7, 13, 23, 17, 19, 23, 37, 61, 67, 61, …
  • Happy Number1, 7, 10, 13, 19, 23, 28, 31, 32, 44, 49, 68, …

Kurang Lucky, Fortunate, sama Happy apa coba angka 13 ini ?

Catatan : 13 juga masuk di barisan Fibonacci, Absolute Prime Number,  Markov Numbers. Fakta lain, cek di sini.

Moreover, bisa dilihat angka 7 juga memenuhi semuanya. Sedikit otak-atik gathuk, yang lahir tanggal 13-7 itu juga memiliki 3 hal tersebut. Ahaha…

Jangan percaya ya.

NB : kalau mau ngutak-atik barisan, bisa buka http://oeis.org/. Tinggal masukin barisan, situs ini akan memberitahu, barisan apa itu. Termasuk barisan Iccanobif (1, 1, 2, 3, 5, 8, 31, 93, …).

Mutual Friend Probability

Iseng-iseng, ketika sedang menjalani ritual procrastination saya memikirkan sesuatu. Mumpung mikir masih belum ditarik pajak. Saya termotivasi dengan peluang dua orang pemilik akun FB saling mengenal di dunia nyata. Dengan sedikit otak-atik gathuk, saya propose  formula sebagai berikut :

Mutual Friend Formula
Mutual Friend Formula

Dimana, A dan B adalah himpunan teman yang dimiliki A dan B. Jadi, jika dibaca secara manusiawi rumus di atas menjadi : Peluang A dan B saling kenal di dunia nyata adalah banyak mutual friend A dan B dibagi banyak teman A + teman B – mutual friend A dan B.

Hal ini bisa dijadikan acuan untuk meng-accept friend request. Halah.

Epsilon – Delta
Dahulu kala, ketika masih muda, saya gak terlalu ngerti maksud epsilon dan delta. Apalagi ketika dipakai untuk pembuktian. Sampai beberapa hari yang lalu, saya membaca postingan di situs yang rutin saya kunjungi, spikedmath.com. Saya membaca postingan mengenai Epsilon-delta comics. Akhirnya, saya sedikit lebih ngerti maksudnya.

Epsilon - Delta Comics

There is always a delta for every epsilon. So be positive.

Sampai ada lagunya. Silahkan nonton di sini. Lagu yang dinyanyikan oleh Tom Lehrer, berjudul “There is a Delta for Every Epsilon.”

2 comments

    • easiest and cheapest thing to do…
      daripada melakukan hal ra bermanfaat… demi kepala yang terus kepake… ahaha… *iki jawaban ngasal lho

      hal lain yg biasane dilakukan, ngisi TTS…

Tinggalkan Balasan

