Koko Euro Spoko

Yeah, ada pesta bola lagi, Euro 2012 di Polandia dan Ukraina. Dimulai nanti malam, hingga pertandingan final 1 Juli 2012 waktu setempat. Pesta bola terakhir sebelum lepas dari status mahasiswa, aamiin.

Sebelumnya, ngomongin  tentang judulnya dulu. Koko Euro Spoko adalah judul lagu yang dibawakan oleh Jarzębina (profil di last.fm). Sebuah grup musik yang terdiri dari satu geng ibu-ibu. Lagu ini menjadi “Official Euro 2012 Song for Polish National Football Team“. Silahkan liat videonya berikut ini:

Atau kalau tidak keluar, silahkan buka http://www.youtube.com/watch?v=YtDhMzDkois.

Memang sih, banyak yang dislike. Tapi, kalau saya pribadi sih lebih suka lagu ini daripada lagu resminya, Oceana – Endless Summer. Lagu Endless Summer juga bagus lho. Cek di youtube. Kenapa saya lebih suka Koko Euro Spoko? Yah, selain enak di telinga, lucu juga liat emak-emak yang biasanya jauh dari sepakbola dan tiba-tiba nyanyi lagu bola. IMHO.

Perlengkapan Nonton

Sekarang ke perlengkapan nonton Euro. Salah satu hal yang penting selain TV adalah jadwal pertandingan. Kebetulan, dengan sedikit gugling saya nemu situs yang memberikan jadwal Euro 2012 secara komprehensif (apa pula itu komprehensif). Bisa dibuka di Jadwal Euro. Atau kalau mau langsung comot bisa klik  ini. Lengkap, pokoknya tinggal masuk-masukin skor, langsung update sendiri. Plus, bisa diseting dengan waktu lokal kita. Yang bikin niat lah.

Oh iya, biasanya lebih seru kalau nonton bareng-bareng. Apalagi teman nontonnya musuhan. Yang penting, jangan sampai gebuk-gebukan. Gak ada satupun orang di Polandia dan Ukraina sana kalau kita sampai benjol gara-gara ribut. Jadilah suporter yang elegan. 🙂

Perlengkapan sekunder lain : Kopi, Camilan, Selimut (Bandung lagi dingin lho), Paket data (buat twitteran *ini mau nonton apa kul-twit), dan Revisi TA *eh.

Yang paling penting, pastikan RCTI di TV anda bisa menyiarkan Euro 2012. Pengalaman buruk, saya melewatkan banyak pertandingan di Piala Dunia 2010 (termasuk final) gara-gara RCTI di TV yang bisa saya temui ogah menyiarkan. Penyebab lontongnya adalah TVnya TV berlangganan. Udah bayar, gak bisa nonton.

Forza Italia

Saya tidak terlalu suka menjadi orang netral. Dan pantas, kalau saya susah jadi wasit. *Bahkan pertama kali jadi wasit  bola, langsung ada yang patah tangan*. Makanya, saya selalu ambil tim buat didukung. Dan, sama seperti Euro 2000, 2004, dan 2008, saya masih megang Italia. Why? Hmm, gara-gara Inter Milan ada di Italia. Ahaha… Gak sih, kadung suka aja.

Kalau kata opa Sudjiwo Tedjo, kalau ditanya kenapa kamu seneng/cinta, dan kita bisa ngasih alasan, itu rasa senengnya masih pakai itung-itungan.  Ini diucapkan beliau pas manggung di TEDx. *Padahal TEDx dan Sudjiwo Tedjo itu gak cocok, imho.

Oke, cukup selingannya. Jadi saya tetep dukung Italia. Meski banyak pemain Juve dan Milan di sana. Meski tak satupun pemain Inter Milan masuk timnas. Dinikmati saja. Fyi, cuma ada satu pemain Inter Milan di Euro ini, Sneijder. Cuma satu sih, tapi level Paus. 🙂

Prediksi Juara

Ini prediksi ngaco. Prediksi yang ditulis sembari menunggu kum-kuman alias rendaman cucian. Jadi, jangan jadi studi literatur untuk taruhan apalagi tugas akhir Anda. Ini saya urutkan sesuai peluang juara, menurut saya.

Belanda : Ada Sneijder, Robben, dan van Persie. Dewa di masing-masing klubnya. Sayang, pertahanannya gak sebagus Italia atau Spanyol. Tapi, menurut saya, Belanda lebih gede peluangnya dibanding Spanyol lho.

Spanyol : No 1 sedunia. Lengkap dari kiper, bek, tengah, depan. Walau rada aneh ketika Pedro jadi no 7 menggantikan Villa dan Raul. Hmm, kayaknya sih, mengingat baru juara Euro dan World Cup, susah juara. Penyerangnya aneh-aneh sih.

Jerman : Oke, ini adalah negara jago turnamen. Kecuali penyeran, semua lini bagus parah. Coba van Persie itu pemain Jerman. Lengkap lah. Mungkin bisa lah sampai semifinal atau bahkan final.

Italia : maaf kalau gak objektif. Kalau Buffon gak blunder aneh-aneh, kalau beknya sesuai sama pas main di Juve mungkin Italia gak banyak-banyak kebobolan, apalagi kalah. Tinggal mikir nih, Di Natale dkk di penyerangan. Atau berharap Pirlo, De Rossi iseng spekulasi bikin gol. Semoga saja bisa sampai final dengan pertahanan terbaiknya. Cukup dapat penalti, dan Balotelli suruh nendang, terus defense. Wkwkwkwk. Apalagi baru terkena skandal. Mengingat sejarah, bisa-bisa saja sekarang juara.

Perancis : The most I hate country in football. Ngalahin Brasil di WC 98, ngalahin Italia di Euro 2000. Tapi emang jago sih dulu. Sekarang gak ada Zidane, ahaha… Kalau cuman lolos grup, bisa lah ya.

Inggris : ini tim banyak masalah. Tanpa Rooney di depan, mau ngapain? Merata sih kalau menurut saya pemainnya. Setara sama Italia. Karena punya banyak masalah, biasanya bagus mainnya. Wkwkwk

Portugal (Ronaldo + Pepe), Kroasia, Swedia (Ibrapretkadabra) ada di urutan selanjutnya.

Di grup A males bahas. Entah kenapa, selalu saja ada grup yang aneh gini. Isinya tidak ada tim yang mencolok mata. Mirip Lyon di UCL. Sering beruntung dan sering lolos.

Tapi, ingat ya, Yunani bisa juara Euro 2004 dan Denmark bisa juara Euro 1992. Karena untuk menjadi juara itu cuma butuh 6 pertandingan, siapapun bisa juara. Anomali bisa saja muncul. 🙂

Ngasal kan? Emang. Mari nyuci.

Koko koko Euro Spoko…

NB : Pengennya sih, Italia ketemu Spanyol, Belanda, atau Jerman di final. Digempur 90+30 menit, terus De Rossi ngeshoot ala Tsubasa, dan gol. 1-0. Italia juara.

PS : Oh iya, kan pada bangun dini hari tuh, mending sekalian sholat Tahajjud atau sahur buat puasa besoknya. 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s