Ikut Festival Olahraga Internasional

Jadi, hari ini saya ikutan festival olahraga internasionl, atau nama Inggrisnya, International Student Sports Festival in Gwangju. Kenapa international? Kenapa student? Karena pesertanya mahasiswa asing yang berkuliah di Gwangju. Ada beberapa cabang olahraga yang dipertandingakan, diantaranya voli, basket, sepakbola, kriket, dan voli kaki. Karena keterbatasan SDM, Indonesia cuman ikut voli dan basket. Saya sendiri selalu semangat kalau ikut yang beginian. Berbau kompetisi. Lawan negara lain pula. Beberapa hari sebelumnya, kita intens latihan (ah, anggap saja intens). Saya sendiri ikutan voli.

Kontingen Indonesia
Kontingen Indonesia

Lokasi festivalnya di Kampus Chosun. Kampusnya bagus. Lebih bagus dari kampus saya kayaknya. Ada kebun mawar (biasa aja sih), ada lapangan bola, 3 biji, bagus-bagus. Oh iya, ada gedung olahraraga indoornya. Isinya lapangan basket, futsal, dan voli. Beuh. Keren. Pengen punya.

Ada juga gedung kuliah yang konon paling panjang se-Asia.

Kampus Chosun
Kampus Chosun

Itu yang putih di belakang adalah gedung kuliah yang panjang.

Cuaca kurang mendukung untuk bertanding di luar, karena gerimis. Jadi, pertandingan dipindah ke lapangan indoor tadi.

Lapangan Voli Indoor
Lapangan Voli Indoor

Ternyata, ada doorprize juga. Hadiah utamanya, sepeda. Lalu, ada juga kupon makan. Makin semangat buat bertanding. Berharap menang dan membawa pulang sepeda.

Pas pembukaan ada dua pertunjukan. Yang satu mirip marching band tapi bukan marching band. Semacam kesenian tradisional gitu lah. Mirip jathilan tanpa penari kali ya. Lihat gambar di bawah :

Kesenian Korea
Kesenian Korea

Yang ke dua adalah anak-anak kecil ber-taekwondo. Walaupun beberapa gerakan mirip boyband. Tapi lucu dan keren kok. Apalagi yang nendang triplek sembari loncat.

Little Taekwondo
Little Taekwondo

Lalu, gimana hasil tandingnya?

Kalah. Baik basket maupun voli. Hiks.

Ya sudahlah, emang lawannya lebih jago.

Setelah itu, kami ngarep dapat doorprize. Tapi makan dulu lah. Memanfaatkan kupon.

Ternyata, tempat penukaran si kupon makan ini cukup jauh dari lapangan indoor tadi. Perlu naik tangga pula, agak gerimis juga.

Eh, nasib. Menunya babi -_____-. Ada sih, banchan. Taoge dan kubis. Tapi kecut. Ya sudah, kami sepakat bahwa kami perlu makan lagi.

Menu seadanya
Menu seadanya

Sebelum nyari makan di warung, kami solat dhuhur terlebih dahulu. Dimana kah musholanya? Masih ingat gedung putih di foto sebelumnya? Nah, di sana. Jauh di atas. Perlu naik tangga lagi. Perut lapar. Dingin gara-gara gerimis. Capek. Dan masih harus naik tangga lagi. Seperti di makam raja imogiri. Fiuh.

Setelah solat, kami makan di warung (masih harus jalan lagi, turun tangga lagi). Saya pesen nasi goreng udang. Sudah minta tolong ke temen saya, supaya tidak pakai babi-babian.

Eh, nasib. Ada ham-nya. Babi juga. Ya wis, saya kasih ke teman saya yang bisa memakannya. Saya pesen nasi dan makan dengan kim alias rumput laut dicacah (yang gratis, termasuk banchan juga). Saya doyan sekali sama si kim ini. Kalau ndak salah itung, habis 7 piring kecil. Ahaha.

Lalu kami balik ke lapangan indoor tadi. Menanti doorprize. Sembari ikutan Tug of War alias tarik tambang. Yah, sesuai prediksi, kami kalah. Ya sudah.

Acara diakhiri dengan undian doorprize, yang tak seorang pun dari kontingen Indonesia mendapatkannya. Yah nasib.

After all, walau suntuk kalah mulu, seneng kok. Bisa jalan-jalan, liat suasana, dan ketemu orang-orang baru. Serta, bisa mengeluarkan keringat kompetisi *halah. Yah, sama kayak class meeting pas sekolah, olimpiade pas di ITB atau BG, atau acara sejenis lainnya. Seru lah. 

NB : batere habis setelah makan siang, jadi ya fotonya terhenti di situ.

Iklan

2 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s