Memasak

Well, karena jarang yang menjual masakan yang sesuai dengan selera saya (halal, murah/gratis, dan enak) di sini, saya terpaksa memasak. Berikut ini saya sampaikan beberapa hasil masakan saya dan beberapa pelajaran yang bisa diambil hikmahnya bagi pembaca yang masih pemula dalam dunia memasak.

  1. Jangan masukan tahu ke freezer
    Tabu hukumnya jika Anda sampai memasukan tahu ke freezer. Tidak usah pamer kalau Anda punya kulkas baru dengan freezer luas. Jikalau Anda sampai memasukan tahu ke freezer, niscaya si tahu bakal membeku seperti balok es.
    Jika Anda masih ngeyel, saya sudah membuktikannya. Lihat gambar berikut ini:

    Tahu beku
    Tahu beku

    Mirip es balok kan? Tapi kucel. Perlu di-defrost pula sebelu digoreng.

  2. Jangan lupa masukan jamur ke kulkas
    Masih berhubungan dengan kulkas, saran kali ini adalah, setelah berbelanja, taruh semua yang mungkin membusuk atau berjamur ke dalam kulkas. Tak terkecuali jamur. Jamur pun ternyata bisa ditumbuhi jamur. Jadi, jangan sampai ada pengecualian. Jika masih tidak percaya, lihat bukti di bawah ini:

    Jamurception
    Jamurception

    Entah itu jamur tambahan adalah hasil reproduksi jamur sebelumnya atau bukan. Padahal, itu terbungkus plastik tertutup.

  3. Jangan merebus ikan dan mengaduknya
    Yap, jangan dilakukan, kecuali Anda ingin membuat si ikan hancur lebur. Nuff said. Saya sudah pernah mencobanya. Jadi, tidak perlu Anda mengulanginya:

    Ikan rebus hancur
    Ikan rebus hancur
  4. Jangan anggap sepele menanak nasi menggunakan rice cooker
    Yap, mungkin ini terkesan sepele.  Tinggal masukan beras, cuci, masukan air secukupnya, taruh di rice cooker, dan tunggu hingga matang. NAH, ITU SALAH. Ada langkah yang kurang, yakni pastikan si rice cooker dalam mode memasak bukan mode menghangatkan. Hal ini bisa ditempuh dengan sekedar menekan tombol di bawah lampu. Seperti pesan pak polisi pada pengendara mobil dan pengendara sepeda motor, “sampai bunyi KLIK”.
    Jangan pernah anggap sepele, seorang mahasiswa lulusan salah satu institut negeri di Bandung pernah mengabaikannya. Akhirnya, dia mendapat ganjaran berupa nasi matang tidak, mentah pun tidak. Dimakan juga kayak beras jemek. Sangat tidak enak. Warnanya, tidak jauh berbeda dengan nasi biasa. Tapi, teksturnya, beuh, bikin mules. Mrengkel-mrengkel gitulah. Silahkan coba kalau tidak percaya.

    Nasi?
    Nasi?

    Untuk troubleshooting nya, bisa ditambah air dan dimasak lagi. Secara teori, bisa. Secara teori.

  5. Tahu mentah berbaju telur dan terigu
    Ini sangat tidak saya sarankan. Suatu ketika, ada suatu kaum, yang ingin menggoreng tahu dengan dilapisi telur dan gandum. Sudah diberi bawang putih dan garam juga. Namun, kadang kala, apa yang kita inginkan tidak sesuai dengan kenyataan. Mungkin, kaum tersebut ingin menghasilkan tahu yang asin (atau berasa) dan dibalut dengan renyahnya gandum plus gurihnya telur. Tapi, yang mereka dapatkan adalah tahu mentah, hambar, masih basah dan berbalut telur dan terigu.

    Tahu mentah berbalut tepung
    Tahu mentah berbalut tepung

    Keteledoran berlanjut. Sisa adonan tahu, dikasih bawang bombai dan loncang (daun bawang). Serta ditaburi garam, biar rada asin. Namun, tidak ada standar baku dalam menaburkan garam. Setelah diicipin, dapat diambil kesimpulan, garamnya terlalu banyak. UASIIIIINNNN… Mana bentuknya ndak karuan, si tepung belum matang pula. T_T

    Telur tepung salty
    Telur tepung salty

    Kaum tersebut merasakan akibatnya. Bahkan, cukup dengan melihat makanannya saja, sudah sakit perut. Ketika dimakan, sakit kepala dan mata rada berkunang-kunang, literally.

  6. Saus tiram
    Jikalau di geometri ada geometri analit.
    Jikalau di aljabar linier ada operasi baris elementer.
    Jikalau di Windows ngehang ada CTRL+ALT+DEL
    Jikalau di One Piece ada King Punch
    Jikalau di Football Manager ada Add New Manager
    Maka, di dunia masak pun punya. Saus Tiram namanya. Saus ini sangat berguna. Jika tidak bisa memasak, cukup beli sayur atau bahan lain, tumis, dan masukan beberapa sendok saus tiram. Niscaya, akan lezat rasanya. Hal ini sudah berungkali dibuktikan oleh penulis. Berikut beberapa karya penulis dengan modal saus tiram ini:

    Nasi goreng saus tiram
    Nasi goreng saus tiram

    Nasi goreng terenak yang pernah saya buat. Si jamur dan si wortel sudah matang sempurna. Ada bawang bombainya juga. Walau cukup capek memasaknya. Tapi, puas sekali, enak. Literally.

    Ayam Saus Tiram
    Ayam Saus Tiram

    Ini juga maknyos. Masakan pertama saya yang bener-bener enak. Sampai terharu. Berbahan daging ayam, daun (entah apa), dan kalau ndak salah ada jamurnya juga. Bisa juga saya ternyata.

  7. To be continued… In the next episode

Nah, itulah pengalaman memasak saya. Semoga bisa memberi pencerahan bagi pembaca sekalian. Saya masih sendiri masih menderita gara-gara yang nomer 5 ketika tulisan ini disusun.

Cobalah memasak, niscaya, Anda akan menghargai ketika Ibu Anda hanya sempat menanak nasi dan menggoreng tahu untuk sarapan.
Salam Saus Tiram.

Iklan

7 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s