Piala Dunia 2014

Mari ngomong tentang bola.

Akhirnya, piala dunia 2014 dimulai juga. Sedikit flash back, tahun 1998, saya cuma sampai jagoin Brazil, yang akhirnya kalah di final. Tahun 2002, saya menonton semua pertandingan (langsung), kecuali Senegal vs Turki. Amat berkesan, Brazil sangat memuaskan. Yah, tentu dengan cerita lain seperti Korea Selatan, Italia, dan Turki. Tahun 2006, tidak terlalu banyak nonton, tapi sangat senang, gara-gara Italia juara, apalagi ngalahin Perancis (salah satu negara yang saya sebali). Tahun 2010, hening. Saya tidak bisa nonton. Terima kasih kepada pelatihan IMC dan pelatnas OSN yang tivinya bukan tivi rakyat. Siarannya diacak. Ah, tapi ndak apa-apalah, senang kok ikut pelatihan.

Seperti biasa, saya menjagokan Brazil dan Italia. Dan biasanya satu kuda hitam (efek Turki 2002). Kali ini saya masih bimbang, antara Kroasia atau Swiss. Tapi saya suka Jepang juga. Eh, Belgia konon sangat sakti. Yak, random parah memang. Atau Chili saja? :v

Saya jadi penasaran, tentang tim-tim jagoan orang-orang. Oleh karenanya, saya bikin poling kecil-kecilan di bit.ly/prediksipialadunia2014. Biar rada greget, saya kasih iming-iming jersey buat yang menebak paling tepat (pemberian nilai dijelaskan kapan-kapan).

Hasilnya?

Ada 66 responden (termasuk saya :v dan beberapa duplikat).

Juara : Brazil (20 orang), Jerman (18), Argentina (5), Inggris, Belanda, Spanyol (4), Italia, Perancis (3), Belgia, Uruguay (2), Korsel (1)

Selain juara, saya juga sekalian menanyakan tentang negara yang bakalan lolos dari masing-masing grup. Sekalian saya bahas per grup ya.

Grup A

Brazil nampaknya ndak ada masalah buat jadi juara grup. Mungkin disusul Kroasia. Saya ndak yakin Meksiko yang kayaknya semrawut gitu bisa lolos. Bisa jadi malah dilewatin Kamerun. Tapi, katanya di Kamerun ada konflik. :v

Grup B

Salah satu grup yang ada dua kebo-nya, Spanyol dan Belanda. Tapi, kalau urusan juara grup, masih mungkin Spanyol, dengan anggota tim kayak gitu. Belanda bisa rada kesusahan, tapi entahlah. Saya malah condong ke Chili, secara dia deket gitu ke Brazil, tinggal ngojek. Australia? Ah sudahlah.

Jangan lupa, hindari runner up, kalau ingin selamat dari Brazil.

Grup C

Grup yang ndak ada nama besar. Kolombia, Jepang, Pantai Gading, Yunani menurut saya sekedar kuda hitam semata. Apalagi Kolombia tanpa Falcao dan Ivan Cordoba (wis pensiun Sun!!), makin ketat. Tapi, Kolombia yang tinggal ngojek saya rasa mampu jadi juara grup. Sedangkan sesama bangsa asia dan siapa tau Eichiro Oda bisa sembuh kalau Jepang lolos babak grup, saya dukung Jepang untuk jadi runner up.

Grup D

Juara grup: Italia. Saya jagoin Italia sih. Uruguay vs Inggris? Hmm, ngeliat Suarez kayak gitu di Liga Inggris, kayaknya mending Uruguay yang jadi runner up. Kosta Rika nampaknya bakal jadi bulan-bulanan, kecuali pas lawan Italia, paling kalah satu gol, penalti pula :v.

Grup E

Saya ndak suka Perancis sih sebenarnya (WC1998, Euro2000, dan WC2006). Tapi melihat lawan mereka hanya Swiss, Ekuador, dan Honduras (ada yang gak tahu Honduras itu dimana gak?), kayaknya cukup lempeng buat jadi juara grup. Apalagi Perancis susah payah buat lolos putaran final. Biasanya di putaran final ngawu-awu. Swiss atau Ekuador? Nampaknya Swiss, bagus secara ranking FIFA.

Grup F

Kalau Argentina gak juara grup, keterlaluan lah. Iran sampai jumpa lah ya di lain kesempatan. Dan saya cenderung milih Bosnia daripada Nigeria. Maklum, ndak terlalu ngerti sepakbola Afrika. Pemain Bosnia lebih keren apa. Juara grup pas kualifikasi pula. Yah, walau Nigeria katanya juga lagi keren. Ah Bosnia ajalah.

Grup G

Jerman itu salah satu tim yang paling konsisten. Jadi, jangan harap bakal kepleset di babak grup. Portugal kayaknya masih unggul dibanding USA atau Ghana. Pilihan obvious sih bagi saya.

Grup H

Sama kayak grup C. Ndak ada nama besar. Tapi, konon, Belgia ini kuda hitam super. Bolehlah berharap mereka jadi juara grup. Tapi, untuk lanjut sampai jauh, susah nampaknya. Kecuali ajaib. Aljazair kita coret. Saya rada bingung Korea Selatan atau Rusia buat jadi runner up. Namun, setelah dipikir-pikir, Rusia lebih bagus sih. *Tapi kenapa saya milih Korea di polingya. -____-.

Yah, begitulah analisis saya. Hasil poling masing-masing grup bisa dilihat di bawah ini:

Saya barusan ngecek jalur babak gugur. Ternyata, ada kemungkinan semifinalnya Brazil vs Jerman dan Spanyol (ketemu Italia dulu) vs Argentina. Yah, tentu saja kejutan bisa terjadi. Mari kita nikmati.

Bonus: video iklan tentang Piala Dunia 2014 dari McDonald yang keren, menurut saya:

Pengen nulis lebih panjang sih, tapi, tapi, tapi, saya butuh tidur.

Selamat menikmati Piala Dunia 2014.

Dan salam buat yang ada nan jauh di sana (ben do ge-er)

PS (Pesan Sunni) : kalau nonton bola dini hari, sekalian tahajjud lah… *nyam, ngantuk, keturon, tekan jago kluruk

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s