Tahu Bulat

Pemberitahun, pemberitahuan

Tahu bulat, digoreng dadakan

Lima ratusaaan…

Halal

Kurang lebih seperti itulah lirik dari theme song penjual tahu bulat (spherical tofu). Biasanya, lewat di depan rumah saya (daerah Karangasem) jam 9-10 pagi. Kebetulan pas jam segitu saya lagi nangkring di depan laptop di kamar depan, sehingga saya jadi agak hafal liriknya. Pertama-tama sih biasa saja. Tapi lama-lama meracuni otak juga lagunya. Yah samalah seperti “theme song” lain, misalnya Susu Manis Nasional, anak kecil penjual roti bakar (yang pernah muncul di beberapa media berita online), penjual ikan, atau jasa sol sepatu.

Tahu bulat ini sendiri bukan hal baru bagi saya. Kayaknya dulu pas di Bandung atau Jakarta sering beli. Namun, baru kali ini saya menemui yang menggunakan pick up dan menyetel theme song tersebut.

Seperti lagunya, tahu bulat ini digoreng dadakan. Maksudnya, digoreng di atas pick up, sembari si pick up jalan. Harganya juga sama seperti dalam liriknya, 500-an. Mungkin ketika nanti terjadi inflasi, dan harganya naik, perlu mengaransemen liriknya.

Penampakan si tahu bulat ini kurang lebih seperti ini.

wp-1453591535604.jpg
Tahu bulat

Biasanya sih dikasih plastik untuk bungkusnya. Tetapi, berhubung digoreng dadakan, jadi si tahu masih panas, sehingga bisa melelehkan si plastik. Istri saya menyarankan untuk menggunakan mangkok sendiri saja, biar aman.

Sedangkan untuk penjualnya sendiri (dan pick up-nya) seperti ini.

wp-1453591575750.jpg
Pick up tahu bulat

Yah, kadang-kadang anak-anak kecil mengikuti dari belakang dengan sepeda mereka. Entah, mau beli atau mau bantuin nggoreng.

Oh iya, menurut saya, tahu bulat ini enak. Boleh dicoba lah kalau nemu di jalan. Biasanya ditaburi semacam cabe bubuk juga.


PS : Hahahaha, postingan macam apa ini.

Iklan

5 comments

  1. tahunya enak, tapi yang disayangkan bubuk bumbu-bumbunya itu sarat MSG jadi kurang ramah sama penderita amandel T_T *selalu kambuh setiap abis makan tahu bulet*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s