How Many Pennies were in the Piggy Bank?

Kemarin pagi*, saya mendapatkan email dari StackOverflow. Tidak disangka-sangka, ternyata isinya cukup mengembirakan, teryata saya berhasil menebak jumlah koin di sebuah celengan babi.

Mungkin ada yang tidak familiar dengan StackOverflow (atau kadang disebut SO). StackOverflow ini adalah situs tanya jawab untuk para programmer. Saya sendiri kebetulan juga seorang programmer. Situs ini sangat membantu sekali bagi para programmer untuk memecahkan masalah yang ditemui di pekerjaan. Kita bisa menanyakan suatu masalah dan menjawab pertanyaan yang ditulis orang lain. Yang pasti, SO sudah membantu banyak programmer, termasuk saya.

Ternyata, setiap tahun SO membuat sebuah survei untuk para pengunjungnya. Berhubung saya merasakan manfaat dari situs ini, saya dengan senang hati mengisinya (meski cukup memakan waktu lama).

Banyak pertanyaan unik di survei tersebut. Misalnya, apakah percaya akan keberadaan alien. 😀

Salah satu pertanyaan menarik lainnya adalah pertanyaan mengenai berapa banyak koin yang ada di sebuah celengan. Kurang lebih sama seperti judul postingan ini. Gambar celengannya adalah sebagai berikut:

Celengan
Celengan

Cukup menarik. Saya menghitung dengan mempertimbangkan banyak gulungan kertas. Dan ada 16 (termasuk yang masih ada isinya). Lalu, kira-kira ada 3 koin yang hilang di gulungan kertas yang masih ada isinya tersebut. Jadi, jawabannya saya 15*50 + 3 = 753.

Dan, ternyata jawaban saya benar. Memang benar ada 753 koin celengan tersebut. :v. Jago ya.

Kemudian, datanglah email yang saya sebutkan di atas.

Ternyata, dari 56.032 pengisi survey, hanya 42.035 yang memberikan jawaban. Dan 54 menjawab benar, tapi hanya 37 yang mengisi email.

Lucunya, ada juga yang menjawab 751.94 😀

Sekilas mengenai hasilnya bisa dilihat di tabel berikut. Oh iya, ada NB untuk tabel ini yakni, sebenarnya tabelnya ada dua. Jadi tabel tebakan dan negara tidak berhubungan.

Tabel
Tabel

Ada juga histogram tentang tebakan para pengisi survey:

Histogram
Histogram

Yah, bisa dikira-kira, banyak tonjolan di angka-angka favorit.

Yah, begitulah. Senang rasanya bisa menebak dengan benar, meski hanya pertanyaan tidak jelas.

Katanya sih mau dikirimi swag, mungkin berupa kaos, karena diminta ukuran baju.

Hasil survey-nya sendiri belum di-publish ketika tulisan ini dibuat. Tapi akan menarik untuk mengetahui hasil-hasil dari pertanyaan-pertanyaan unik yang ditanyakan. Mari kita tunggu hasilnya, sembari nunggu swag. Semoga bisa sampai. Ahaha.

Oh iya, diskusi (yang tak kalah menarik) mengenai si celengan ini, bisa dilihat di sini.

Tak lupa, selamat berakhir pekan.

PS : Gambar saya ambil dari sini. Saya comot, berhubung di-upload di imgur, jadi tidak bakal muncul kalau diakses dari internet indonesia.
*: lebih tepatnya, Rabu pagi. Kelamaan nangkring di draft ini tulisannya.

Updated (24 April 2016)

Ternyata hadiahnya sudah sampai.

Terima kasih StackOverflow 🙂

3 comments

Tinggalkan Balasan

