Tengkleng Gajah

Saat pertama kali pindah ke daerah Condong Catur dan melihat Google Maps, saya nemu warung makan yang namanya Tengkleng Gajah. Tapi baru November kemarin nyobain. Lalu, belum lama ini nyobain lagi.

Bagi yang belum tahu, tengkleng ini mirip gulai kambing. Bedanya, si tengkleng ini berisi daging yang masih nempel sama tulangnya. Kadang-kadang ada juga jeroan.

Nah, saat pertama kali mendengar tengkleng gajah, saya pikir ini tengkleng berbahan dasar daging gajah :v. Yah, siapa tau mereka punya peternakan gajah sendiri.

Namun, saya salah. Cuman namanya saja yang ber-gajah. Mungkin gara-gara di Jogja, ada kampus Universitas Gajah Mada, jadi diberi nama tengkleng gajah. Kalau di Bandung, mungkin namanya Tengkleng Ganesha. Ini ngasal btw.

Jadi si warung makan tenkleng gajah ini luas. Banyak mobil yang parkir. Mungkin sudah cukup tenar jadi banyak pelanggan yang beli. Atau bisa saja sekadar penasaran apa benar ini dari daging gajah.

Warung tengkleng tampak muka
Warung tengkleng tampak muka

Ngakunya sih tengkleng no 1 di dunia. Entah menurut siapa, PSSI atau KPSI.

Kedatangan pertama, kami (saya dan Istri) memesan tengkleng biasa dan sate kambing. Beuh. Enak gan. Terutama sate-nya. Tapi gak sempet moto, keburu laper kayaknya.

Lalu kedatangan yang ke dua, kami memesan tengkleng goreng. Dan sempat difoto.

Tengkleng tampak depan
Tengkleng tampak depan
Tengkleng tampak atas
Tengkleng tampak atas

Bisa dilihat pada foto di atas. Menggoda sekali. Pas nulis postingan ini saja, saya sampai ngiler. Rasanya, jangan ditanya. Coba saja sendiri. Menurut saya sih enak pakai banget. Cuman sayang, rada susah nithili daging yang nempel di sela-sela.

Oh iya, kenapa kami beli satu padahal datang berdua? Karena porsinya bisa buat berdua. Oh iya, nasinya seporsi 5rb, unlimited. Mungkin ada Free Usage Policy, tapi perut manusia pasti ada batasnya.

Harga si tengkleng sendiri, 30rb rupiah. Selain tengkleng goreng, masih ada juga sate, sate goreng, tongseng, tongseng kepala, kepala digoreng, tengkleng gajah (biasa, digoreng, ditongseng, sambal bawang), nasi goreng kambing dan gule. Semua harganya 30rb rupiah, kecuali nasi goreng (17rb) dan gule (15rb). Lebih lengkapnya, lihat struk yang saya peroleh kemarin.

Struk tengkleng
Struk tengkleng

Harga minumannya memang mahal :v

Dari 3 menu yang sudah kami coba, saya merekomendasikan tengkleng goreng dan satenya. Siplah. Kalau ndak percaya, silahkan coba. Kalau perlu, bungkusin satu buat saya.

Selamat mencoba.

Oh iya, ada bonus. Behubung Jogja akhir-akhir ini awet hujannya dan ini postingan temanya makanan, maka saya tampilkan, Mie Sedap rasa soto pakai telur. Dinikmati ketika hujan, hawanya dingin, dan si mie masih panas. Nyamm…

Mie Sedap Soto pakai Telur
Mie Sedap Soto pakai Telur

Selamat berakhir pekan yang panjang.

One comment

  1. Waduh,, pemandangan yg bikin perut laper tuh.. tapi kek.a dompet aku gk sanggup bwt nganterin aku kesana, hehehe maklum, burjo – angkringan aja udah sukur, 🙂

Tinggalkan Balasan

