Banjir dan #FloodHack

Saya pernah menjadi penduduk Jakarta selama kurang lebih satu tahun. Mulai dari Agustus 2012 sampai Juli 2013. Saya juga sempat merasakan banjir yang sampai bikin kantor libur pada bulan Januari 2013. Pernah saya posting juga di blog, di sini. Mobil-mobil di jalan Thamrin ndak bisa lewat. Lalu lintas mati total. Lampu bang-jo juga mati. Air dimana-mana. Sampai akhirnya saya kabur ke gunung Papandayan.

Menembus Air. Seberang BPPT
Menembus Air. Seberang BPPT

Yah, banjir memang tidak enak. Mana sering datang pula. Tentu terlintas keinginan untuk menanggulangi banjir ini. Seperti halnya Iceburg selaku walikota Water 7 yang sampai mau ngebikin kota mengapung setelah digempur Aqua Laguna tiap tahun dan permukan air yang terus naik. Halah, ndak penting ini paragraf-nya.

Yang jelas, banjir itu menyusahkan, apalagi yang pernah mengalami. Air bersih susah, air kotor dimana-mana. Kerja susah. Beli gorengan susah. Mobil tahu bulat juga pastinya ndak bisa lewat. Ingin rasanya, ikut urun rembuk dan urun ide untuk membantu ngelawan banjir ini.

Nah, kebetulan, saya nemu acara menarik. Namanya FloodHack. Kalau saya tanya-tanya sama yang jadi panitia sih, ini acara berupa data-hackathon. Nanti di acaranya, ngumpul bareng-bareng, terus dikasih data-data dan API yang bisa digunakan untuk nge-hack banjir ini. Hasilnya bisa berupa aplikasi, visualisasi data, analisis data, dan sebagainya. Apapun boleh lah. Menarik ya..

Acaranya sendiri diadakan pada 2-3 April 2016 di BPBD Jakarta. Jadi sehari semalam, nginep di sana. Ngumpul sama orang-orang yang juga peduli akan banjir ini.

“Ah, saya kan gak bisa apa-apa”.

Tenang saja, semua boleh ikut. Yang penting ngumpul, diskusi, terus ngerjain project-nyaNdak perlu sampai sempurna. Bandung Bondowoso saja ndak bisa bikin 1000 candi dalam semalam suntuk :v.

“Wah, menarik ya. Ikutan ah. Gimana caranya?”

Untuk registrasi, bisa buka situs resminya di http://floodhack.org.

Saya juga mau ikutan kok. Bisa ketemu saya nanti :v

Oh iya, tak lupa saya lampirkan gambar event-nya:

#FloodHack
#FloodHack

 

disclaimer: saya ikutan ngurusin acaranya 😀

Tinggalkan Balasan

