Vaksin Yellow Fever

Yellow Fever merupakan sebuah nama penyakit. Saya kurang tahu detilnya seperti apa. Namun sepertinya berbahaya, terbukti dari adanya larangan untuk mengunjungi daerah-daerah yang terindikasi ada penyakit tersebut. Saya sih percaya saja. Mau gugling tentang penyakit, biasanya bikin serem. Daftar negara yang bisa terindikasi yellow fever ini bisa dilihat di sini. Biasanya ada persyaratan harus divaksin dulu sebelum masuk ke negara tertentu atau setelah mengunjungi negara tertentu.

Tempo hari, saya disuruh bepergian ke salah satu negara yang terindikasi ada yellow fever-nya. Terpaksa, saya mencari informasi mengenai vaksin ini. Dengar-dengar, kita bisa diberi vaksin di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). Saya sendiri baru tahu ada kantor semacam itu. Kalau di Jogja, lokasinya ada di ring road utara, sebelum pertigaan ke arah bandara.

Kantor ini buka jam 8 pagi. Saya baca-baca, biasanya penuh, jadi mending berangkat pagi. Jangan lupa, ada beberapa persyaratan yang perlu dibawa:

  1. KTP dan fotokopinya sekalian
  2. Paspor dan fotokopinya sekalian
  3. Pas foto, 2 lembar, 4×6 kalau ndak salah
  4. Uang
  5. Mengisi formulir (saya ngisi di tempat)

Setelah ngisi, ngambil nomer antrian, nunggu dipanggil mbak kasir, kemudian nunggu diperiksa dan disuntik, dan akhirnya nunggu panggilan buat ngambil si buku kuning. Buku kuning ini adalah bukti bahwa kita pernah divaksin. Sebaiknya selalu dibawa kalau pergi-pergi ke luar negeri.

Ternyata banyak juga yang minta divaksin. Kalau ndak salah pada mau haji atau umroh, atau taruna yang mau dikirim ke afrika (citation needed).

Oh iya, biayanya saya habis 395.000. Terdiri dari:

  1. Pendaftaran 5.000
  2. Pemeriksaan 15.000
  3. Buku kuning 25.000
  4. Vaksinnya 350.000

Tapi pas lihat di papan kok rada beda dikit:

IMG_20160516_091131

Tapi, ya sudahlah. Mungkin kurang up to date.

Semoga bermanfaat. 🙂

 

2 comments

Tinggalkan Balasan

