Flip.id – Transfer Antar Bank Gratis

Salah satu masalah kecil yang dulu saya hadapi adalah biaya transfer antar bank. Dulu masih 5.000, sekarang sudah 6.500. Bayangkan saja, kalau mau nransfer 50.000, kita kena biaya lebih dari 10%. Apalagi, sekarang kalau beli kado nikahan teman, biasanya ada iuran. Duit ditransfer ke salah seorang teman, lalu dibelikan kado. Kan, lumayan ini 6500, bisa dibuat tambah-tambah beli kadonya. Kayaknya, pernah juga nransfer cuman 20rb, dan beda bank. Nyesek.

Flip.id
Flip.id

Beberapa waktu yang lalu, saya nemu situs yang namanya Flip.id. Katanya sih bisa nransfer antar bank. Pas mendaftar, perlu melakukan verifikasi langsung. Dulu dikasih tahu untuk datang ke sebuah tempat, yang ada petugas Flipnya. Disuruh bawa KTP / SIM. Tapi, seringkali saya ndak bisa (gak cucok lokasi dan waktunya).

Lalu, terjadi kemudahan. Verifikasi bisa dilakukan di Alfamart non-franchise. Yang seperti apakah itu? Kurang tahu pastinya juga. Ada kok daftarnya di situs Flip-nya.

Pas verifikasi, disuruh bawa KTP dan bayar 4.000. Lebih murah dibanding dengan satu kali transfer antar bank.

Saya memakai Flip ini sejak Juni 2017. Jadi sudah sekitar 4 bulan. Ketika kita membuka situsnya, ada keterangan sudah menghemat berapa rupiah dengan Flip. Tak disangka, saya sudah menghemat sekitar 234.000. Lumayan, buat nonton bioskop.

Flip.id Website
Flip.id Website

Cara kerja si Flip ini sangat sederhana sebenarnya. Pertama kita membuat request untuk mentransfer sejumlah uang dan rekening tujuan. Flip akan mengecek rekening tujuan, dan memunculkan berapa yang perlu ditransfer ke rekening Flip. Flip akan menambahkan kode unik di nominal rekening (untuk identifikasi kayaknya). Lantas, kita disuruh mentransfer ke rekening Flip yang menggunakan bank yang sama dengan punya kita. Kemudian kita harus mentransfernya, sesuai kode unik. Ada fitur copas, jadi ndak perlu ngetik-ngetik nominalnya. Selanjutnya, lapor ke Flip kalau sudah mentransfer. Tinggal nunggu deh, kadang-kadang antriannya panjang.

Flip ini juga ada aplikasi androidnya, yang menurut saya sangat bagus. Mudah dipakai juga. Bisa diunduh di sini.

Berikut fitur dan batasan yang ada di Flip.

  1. Hanya bisa mentransfer Senin-Jumat 09.00 – 21.00, dan Sabtu 09.00 – 14.00.
    Yah, namanya juga gratisan. Untuk transfer yang ndak buru-buru, gak apa-apalah ya.
  2. Transfer tidak langsung sampai.
    Karena banyak permintaan untuk mentransfer, jadi bisa saja ada antrian panjang. Apalagi kalau Senin. Tapi dari Flip sendiri menjanjikan akan selesai di hari yang sama. Selow lah ya.
  3. Transfer gratis maksimal 5.000.000 sehari.
    Ini juga gak apa-apa sih. Kalau nransfer uang jumlah besar, mending langsung saja. Cepat dan lebih merasa aman.
    Ada juga fitur untuk transfer yang lebih besar, tapi ada biaya tambahan. Namun, untuk keperluan pribadi, saya rasa 5.000.000 / hari itu lebih dari cukup.
  4. Biaya verifikasi 4.000
    Sangat murah dibanding biaya yang akan dihemat. 4.000 untuk 200.000 (ini 500x lipat lho)
  5. Dikasih bukti transfer
    Kan kita sering itu men-screenshoot bukti transfer. Nah, si Flip ini sudah melakukannya buat kita. Jadi, tinggal share atau download dan kirim saja. Enak.
  6. Notifikasi
    Ini fitur yang membantu sekali. Tidak perlu ngecek-ngecek, langsung ada notifikasinya. Enak tho.
  7. Belum tersedia di semua bank
    Yah, wajar sih, bertahap. Kalau belum ada support untuk bank anda, ya nasib.
  8. Ada reward
    Belum pernah makai sih, ndak bisa komen. Pilihannya juga masih sedikit. Yah, fitur sampingan saja.
  9. Kode unik bisa diminta
    Seperti yang saya bilang tadi, setiap nransfer ada kode uniknya. Nah, si kode unik ini gak diambil sama si Flip dan kita bisa mengambilnya. Tapi ya, emang gak banyak.

Itu saja kali ya, pembahasan fitur-fiturnya. Lalu saya juga ada beberapa ide biar lebih baik lagi (menurut saya).

  1. Keterangan untuk transfer.
    Sudah ada sih, tapi biasanya itu untuk diteruskan ke penerima. Yang saya maksud di sini adalah untuk kepentingan pribadi. Jadi bisa dicek buat ke depannya, misal mau merekap pengeluaran.
  2. Summary transaksi
    Ini iseng saja sih, tapi kalau kita bisa melihat ringkasan transaksi kita, kayaknya cukup menarik. Bisa tahu siapa yang paling sering ditransferi. Berapa nilai transaksi sebulan. Kalau tiap transaksi dikasih kategori, bisa ketahuan transaksi jenis apa yang paling sering. Menarik kan?
  3. Ngebayarin transaksi dengan Kartu Kredit / PayPal
    Banyak situs yang  hanya menerima Kartu Kredit atau PayPal. Saya kan gak punya, jadi repot kalau harus bayar ini itu (padahal ya hampir gak pernah). Mungkin, Flip bisa melebarkan sayapnya ke arah ini. Dikasih charge lebh juga gak apa-apa menurut saya. Tapi entah gimana teknisnya :v

Terakhir, saya sangat merekomendasikan pemirsa untuk menggunakan Flip ini. Dilihat dari banyak download di Google Play, baru ada 50.000 – 100.000 unduhan. Yah, siapa tahu ada yang jadi memakai Flip setelah baca tulisan ini.

Sampai jumpa lagi.

PS: Btw, ini bukan postingan berbayar lho (mana mau juga ngebayar saya :v). Murni tanda terima kasih saya gara-gara bisa ngirit dan bisa nonton bioskop :v.

Iklan

10 comments

  1. Wah baru tau ada aplikasi kaya gini. Lumayan bisa buat menghemat. Tapi yaitu, ga bisa buat yang buru-buru ya.

  2. infonya keren ini mas .. mudah2an ntar bisa verifikasi online ya.. jd lumayan saya kl transfer2 ke keluarga di indo dimana bank nya beda semua sama saya jadi bisa gratis biaya transfer..hehehe (ngarep)

    • Wkwkwk, gak yakin mbak. Soalnya aturan dari BI-nya musti verifikasi offline. Tapi mungkin ada yang nakal, terus ngeverifikasi online 😀 Atau bisa juga pinjem akun anggota keluarga yang ada di Indonesia 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s