Piala Dunia 2018 – Babak Gugur

Ternyata oh ternyata, saya pernah menulis tentang babak gugur piala dunia 2014 di sini. Kebetulan tiba-tiba ada banyak yang mengaksesnya. Ya ndak banyak-banyak juga sih. Saya baca lagi, ternyata tebakan saya di babak gugur hampir benar semua. Kecuali Jerman yang mengalahkan Brazil di Semifinal. Silakan bandingkan dengan hasil di sini.

 Berhubung besok Piala Dunia 2018 memasuki babak gugur, mari kita tuliskan postingan serupa. Dimulai dari review babak grup dan dilanjutkan dengan prediksi saya.

Grup A

Tidak banyak kejutan menurut saya. Uruguay sukses menjadi juara grup, diikuti Rusia. Saya baru sadar, grup ini isinya cukup lemah-lemah dibanding grup lain. Apalagi Moh. Salah tidak fit 100%. Selamat buat pemain Inter Milan, Vecino (Uruguay) yang berhasil menjadi juara grup.

Grup B

Grup yang lumayan seru. Dimulai dari Ronaldo yang berhasil menahan imbang Spanyol. Lalu Iran yang hampir lolos di menit-menit akhir ketika melawan Portugal. Maroko sendiri bermain cukup apik (gak nonton semuanya sih, wkwkwk). Tapi sekali lagi, yang lolos sudah bisa ditebak dari awal.

Grup C

Ndak ada yang spesial menurut saya di grup ini. Bahkan klasemen akhir pun sudah tertebak. Saya sampai lupa isi grup ini negara mana saja :v

Grup D

Salah satu grup yang seru. Argentina atau Messi dibuat gelagapan. Digebuk Kroasia 3-0 dan ditahan imbang Islandia yang tinggi-tinggi pemainnya. Hampir tidak lolos. Ealah, kok Nigeria bisa ngalahin Islandia. Terus Kroasia juga ngalahin Islandia. Alhasil, lolos dari lubang jarum. Baru lolos di menit 86. Oh ya, Kroasia menyeruak menjadi salah satu kandidat. Modric emang yahud. Eh tapi bisa jadi efek dari 2 pemain Inter Milan, Perisic dan Brozovic. 😀

Grup E

Jagoan saya ada di grup ini, Brazil. Mainnya kurang menyakinkan. Menang lawan Kostarika pun di masa injury time. Sudah gak yakin lolos aslinya. Wkwkwk. Untung ada pemain Inter Milan lain, Miranda. Ahaha. Gak ding, aslinya Coutinho (mantan yang sukses) yang menurut saya jadi pusat perhatian. Neymar, ya begitulah. Saya ngiranya Serbia yang bakal lolos, malah Swiss. Mungkin efek dari mantan yang sukses, Shaqiri.

Grup F

Kejutan terbesar. Juara bertahan keok (lagi). Hirving Lozano (wonderkid saya di Football Manager) jadi pencetak gol kemenangan Meksiko atas Jerman. Masih sempat ada nafas, ketika Kross mencetak gol kemenangan di penghujung laga melawan Swedia. Eh pas lawan Korsel kok malah keok lagi. Meksiko lolos berkat Korsel :D. Padahal ada yang sempat bilang, wah Brazil malah gak hoki bisa lawan Jerman. Pffftt…

Grup G

Ndak ada yang spesial menurut saya. Belgia dan Inggris terlalu jauh di atas Panama dan Tunisia. Banyak banget gol-nya. Yang paling lucu tentu Michy Batshuayi ketika merayakan gol Adnan Januzaj ketika melawan Inggris :D.

Grup H

Ini juga grup yang seru. Kolombia memang kuat, mungkin gak hoki saja kalah sama Jepang gara-gara dapat kartu merah di awal laga. Senegal vs Jepang juga seru pertandingan maupun posisi di grupnya. Sampai menggunakan aturan fair play. Nice sekali. Mungkin semua berkat Lord Nagatomo sehingga Jepang bisa lolos. Polandia rada anti klimaks sih, memang bukan dalam himpunan negara bola bagi saya.

Ringkasan

  1. Meski banyak pertandingan seru, dan mengejutkan, tapi yang lolos kembali ke prediksi umum, kecuali Jerman sih.
  2. Amerika Selatan lolos semua kecuali Peru. Coba diganti Chile, wkwkwk.
  3. Kalau melihat diagram babak gugur, tim jago-jago berkumpul di satu jalur. Lol.
  4. Btw, saya mendukung penggunaan VAR.

Babak Gugur

Babak Gugur Piala Dunia 2016 (sumber: Wikipedia)
Babak Gugur Piala Dunia 2016 (sumber: Wikipedia)

Bandingkan separuh atas dan bawah. Yang atas punya tradisi bagus di sepakbola.

Mari kita buat analisis dan prediksi yang penuh bias, ahaha.

Babak 16 Besar

  1. Untuk babak 16 besar, saya rasa Uruguay bisa mengatasi Ronaldo (red: Portugal). Pemain Uruguay bagus-bagus, misalnya Vecino, wkwkwk.
  2. Saya ndak terlalu suka Perancis, jadi saya milih Argentina saja (meski ndak bawa Icardi). Yah, pasti banyak yang condong ke Perancis, maklum pemainnya jago-jago. Sementara Argentina, kayak acak kadut gitu. Tapi tetap, saya condong ke Argentina.
  3. Kemudian, Brazil kayaknya bakal bangkit lagi, dan Meksiko jadi korbannya. Pertandingan terakhir Brazil cukup memuaskan, sementara Meksiko lolos modal hoki (menurut saya).
  4. Saya sebenarnya condong ke Jepang, sama-sama Asia dan ada Lord Nagatomo. Tapi ya apa daya, Belgia ngeri gitu. Apa boleh buat, harus condong ke Belgia.
  5. SpanyolRusia. Ini kalau ndak ada yang aneh-aneh (kayak Piala Dunia 2002 ketika Spanyol melawan tuan rumah), harusnya Spanyol bisa lolos dengan mudah. Rusia kayaknya belum teruji melawan tim besar.
  6. Kroasia lah. Lagi serem-seremnya gitu mainnya. Denmark kayaknya belum cukup kuat melawan Kroasia.
  7. Swedia vs Swiss. Nah ini cukup berimbang. Rada susah ditebak. Maklum, saya gak terlalu tahu. Tapi, berhubung Swedia sudah membuat Italia tidak lolos, saya pilih Swiss saja.
  8. Inggris sebenarnya sudah cukup beruntung jadi juara 2 grup, masuk ke jalur yang enteng. Tapi kok ketemu Kolombia yang menurut saya lumayan kuat. Jadi ya, saya memilih Kolombia.

Babak Perempat Final

Mari lanjutkan kebiasan prediksi saya di atas.

  1. Uruguay vs Argentina. Susah ini. Pada fase ini bisa jadi Argentina sudah masuk ke performa bagusnya lagi. Tapi mungkin pada kecapekan lawan Perancis, jadi saya condong ke Uruguay.
  2. Brazil vs Belgia. Belgia memang banyak talenta mumpuni. Tapi saya rasa Brazil bisa mengatasinya dengan segudang pengalamannya.
  3. Spanyol vs Kroasia. Kroasia lagi hot. Spanyol lagi mencoba menanjak naik lagi. Saya kira Brozovic dan Perisic bisa melaju lebih jauh.
  4. Swiss vs Kolombia. Swiss masuk perempat final, tapi belum teruji menurut saya. Jadi saya pilih Kolombia yang lebih meyakinkan.

Babak Semi Final

Semifinal rada pelik, tinggal yang jago-jago sih. Uruguay kayaknya bakal kalah dari Brazil, mungkin Suarez ndak main gara-gara gigit orang lagi. Sementara Kroasia masih melanjutkan kejutannya, ditambah Kolombia kehabisan bensin.

Babak Final

Alhasil, di final Brazil bertemu Kroasia. Kalau tidak ada aral melintang, Brazil jadi juara dengan kemenangan tipis. Tapi Kroasia diingat seperti tahun 1998. Uruguay jadi juara 3 karena Suarez sudah main lagi. Ahaha.

Jadi, diagram di atas ditambah prediksi bias saya, jadi seperti ini:

Prediksi Babak Gugur Piala Dunia 2018
Prediksi Babak Gugur Piala Dunia 2018

Yah, begitulah partisipasi saya dalam menyemarakkan Piala Dunia 2018, dan cukup bisa membuat bahagia walau badai menghadang… ingatlahku kan selalu setia menjagamu…

Semoga bermanfaat.

Berikut (sebagian dari) referensi pembuatan prediksi dan ulasan di atas:

  1. Negara favorit, Brazil dan Italia
  2. Negara yang nyebelin, Perancis, Portugal
  3. Ada pemain Inter Milan: Brazil, Kroasia, Uruguay
  4. Ada mantan pemain Inter Milan: Jepang, Swiss, Argentina
  5. Negara yang ndak terlalu suka pas main bola, Inggris, Swedia
  6. Negara yang saya beli pemainnya di FM, Meksiko
  7. Kebetulan satu benua: Jepang
  8. Kebetulan condong ke Amerika Latin
  9. Akal sehat di akhir bulan
  10. Feeling hasil tempaan bertahun-tahun nonton sepakbola (atau lebih sering highlight  saja sekarang), main bola, main FM, dan efek akun Twitter yang saya ikuti.

 

PS: Saya masih berminat banting setir untuk berkarir di dunia sepakbola, ahaha

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s