Kenapa ITB tidak ada Kuliah Kerja Nyata (KKN)

Ini merupakan bagian lain dari catatan saya, setelah mengikuti Semester Pendek di Banana Inn kemarin. Yah, dari ngobrol kesana kemari, dengan teman-teman senasib dari berbagai universitas di seluruh Indonesia (lebay pol…), kami tak hanya berbagi tentang kehidupan seputar matematika (mati saja kalau ini terjadi). Banyak cerita dari teman-teman, mulai dari mata kuliah yang aneh-aneh, dosen-dosen yang rada gak jelas, sampai ke kehidupan percintaan yang bikin ngakak. Berikut beberapa hal yang menurut saya lontong :

Berapa banyak pohon beringin di depan rektorat UGM ?

yah, seperti mata kuliah Orkom (organisasi dan arsitektur komputer) di jurusan saya, yang rada aneh. Yah, kalau ada yang tidak menganggap aneh, tidak apa-apa, saya sih tetep keukeuh (apa pula artinya). Konon, tahun lalu, ada pertanyaan “siapa presiden direktur perusahaan XXX  yang ke XXX” GILA. Untung saya tidak perlu ngulang.

Nah, di UGM alias Universitas Gajah Mada, yang terletak di Yogyakarta, satu provinsi dengan saya, ada mata kuliah yang bernama, KEGAJAHMADAAN KEGADJAHMADAAN atau ke-gajah-mada-an ke-gadjah-mada-an. Mungkin kuliah mengenai UGM itu sendiri. Dan, ini wajib. Nah, ada cerita non-fiksi yang rada menggelitik. Dengan teknik berkuliah seperti mata kuliah KWN di ITB dengan dosen yang saya ambil kemarin, jelas, tidak wew… Begitu pula dengan kuliah ini. Dan, ada pertanyaan yang muncul di ujian seperti sub judul ini,

Berapa banyak pohon beringin di depan rektorat UGM ?

entah apa maksudnya, yang jelas, saya tidak kebayang kalau ada kuliah KE-GANESHA-AN, dengan pertanyaan,

Berapa banyak  kuda di Jalan Gelap Nyawang ?

Buatlah Entity-Relationship Diagram untuk Kuda, Joki, Pengunjung Taman Ganesha, Hari, dan Jumlah Uang yang Beredar?

Sebutkan, syarat perlu dan cukup untuk menghindari macet di dekat rektorat !

Berapa lama transkrip bisa diperoleh beserta tanda-tangan kaprodi ?

Kemana kita harus pergi, jika ingin meminjam CC Timur ?

Mati saja…

KKN = Kuliah Kerja (Nongkrong ?) Nyata

Ini nih, yang saya agak ngiri dengan universitas lain. KKN cung… KKN… Kayaknya enak rasanya berinteraksi dengan penduduk secara langsung. Merasa kehidupan mereka secara 3 Dimensi, atau 4 Dimensi malah. Saya masih inget, ketika kakak saya yang pertama KKN di Turi, Sleman. Atau Ketika saya masih SD, banyak sekali mahasiswa yang numpang hidup di rumah saya untuk KKN. Dan, pastinya, lebih deket sama mereka. Kalau ada tugas kerajinan tangan, dibikinin, hahaha…

Selain itu, pas denger cerita si Harun, Albert, atau si Andra, tentang KKN mereka, kelihatannya seru gitu. Misal, duduk-duduk bareng ibu-ibu PKK, atau pengalaman pas ngajar di SMP… Ah, seru kayaknya.

Nah, ada satu hal yang mengganjal di hati saya, wedew, kok di ITB, kampus saya ini, gak ada mata kuliah yang mirip KKN ? Yah, mungkin ada yang bilang, mirip ke KP alias Kerja Praktek. Sama-sama di luar kampus gitu. Tapi, kan gak ada yang namanya interaksi sama manusia dalam bentuk yang seutuhnya. KP kan di Perusahaan, kalau KKN ya di masyarakat ? Terus, kalau ada yang ngeles ya KKN itu kayak baksos di Himpunan atau Unit. Tapi itu kan kalau ada prokernya, dan gak semua mahasiswa ITB masuk Unit atau Himpunan. Wedew…

Dan, saya punya ide, gimana kalau si TPB ini ditiadakan, dan diganti dengan mata kuliah KKN ini. Cukup beberapa mata kuliah yang gak sejalan dengan jurusan, menurut saya lho. Misal, kimia. Wew…

Yah, semoga, ketiadaan KKN ini di ITB ini tidak berarti pak Rektor dkk, tidak menganggap penting arti dari ketemu masyarakat secara langsung. Kesannya, mahasiswa ITB itu dijauhkan dari masyarakat… Wew… Mbah Ganesha marah kalau gini…

Tapi, ribet juga lho mengurusi KKN ini, teman saya, sebut saja Febi, yang dari UGM, gagal ikut KKN bulan ini, gara-gara sesuatu hal…. Wew… Semoga segera lulus feb…

Ya, saya sih gak sok kuat dengan menginginkan adanya mata kuliah KKN, tapi ya ndak tahu juga…. Hati berbicara (halah…)

Sudahlah, segini saja untuk tulisan kali ini. Bagi Universitas yang tercantum, saya mohon ijin… Semua informasi ini, dari sumbernya langsung. Mahasiswanya… Ok….

27 comments

  1. woot?
    feby ga boleh KKN antar semester ini?
    SAMA dong dengan SAYA!!!
    masa cuma karena saya belum sempat mengikuti pembekalan…
    euw…. masih KP cuy waktu itu, pas susulan juga masih KP
    cukup tragis dan dongkol

    feby kenapa?
    SP yang di Banana Inn yo?

  2. kegajahmadaan ki neng jurusan opo emange? kok niat men ngitung pohon, iyo sih ono filosofine tapi nek ditakoni yo.. open book sajalah

    • aku diceritani cah matematika UGM… Omonge sih wajib… Tapi mbuh lah. Artine, ada beberapa yang tidak, misal kedokteran karo teknik fisika….

  3. Nek pengin interaksi karo masyarakat, pas TA opo lagi lungo-lungo kan yo iso. Nek ning omah opo kosan kan yo interaksi karo masyarakat, pegawai ning kampus yo masyarakat..

    • tidak semua mahasiswa ITB tercinta ini mengerti, mau, dan punya langkah konkrit untuk itu…. apalagi, ada fakta (kalau tiak salah), 70% akses inet dari itb, konon ke jejaring sosial… wedew… kayaknya, mereka pada KKN di fesbuk… (saya juga punya…)
      CMIIW

  4. kalo menurut ane sih KKN di ITB g ada ya karena ITB kayaknya pengen mahasiswa nya mandiri untuk membuat acara baksos atau pengabdian masyarakat sesuai bidang keilmuan nya masing-masing. ya jiwa kemasyarakatan gitu kayaknya ga bisa dipaksain deh. kalo jadi kuliah wajib bisa jadi org yang passion nya bukan di pengmas bisa gak lulus dong. tapi karena ada banyak juga mahasiswa yang berjiwa kemasyarakatan makanya ada baksos di tiap himpunan atau unit. jadi KKN itu kayak pilihan aja.

  5. di tempat kuliah saya, salah satu institut negeri di Surabaya, juga ga ada KKN.. mungkin KKN ditujukan untuk universitas? soalnya kuliah harian di institut udah sangat padat.. banyak praktek ini itu dan tugas-tugas lain, jadi kalo dipake buat KKN mungkin waktunya kurang cukup 🙂

    • kurang tahu juga sih, tapi saya juga institut, saya bandingkan dengan beban kuliah di kampus/universitas lain juga sama saja nampaknya. Lagian, ada libur (sangat) panjang di pergantian tahun ajaran, dan biasanya itu dimanfaatkan untuk KKN, seperti (sekarang) di (mantan) kampus saya

  6. KKN di ITB sudah ada Kak sekarng tahun sudah 2angkatan, 2011 dan 2013.. nama mata kuliahnya KKN Tematik ada di KU 🙂
    seru abis, konsep KKNnya ITB banget, tapi tetep ada mainnya dgn masyarakat

  7. aku kuliah di Universitas swasta tapi gak ada KKN juga mugkin karena kami ada kelas reguler malamnya yang rata-rata pekerja tapi pengen juga KKN sebenarnya

Tinggalkan komentar