Ikut Turnamen Catur

Gara-gara mbak Jou sedang semangat menulis di blognya, saya jadi ikutan pengen nulis lagi. Silakan cek di sini kalau mau lihat-lihat tulisan istri saya (yang lebih berfaedah dibanding saya).

Jadi ceritanya, di sekolah saya yang baru ada beberapa turnamen olahraga. Mulai dari Sepakbola, tenis, tenis padel (saya juga baru tahu ini), ping pong, badminton (cukup terkejut di sini ada lapangan badminton segala), hingga catur. Berhubung “merasa” rada selo saya pun memutuskan ikut serta.

Dari semua cabang, saya hanya bisa main sepakbola, badminton, catur, dan sedikit ping pong. Setelah mencoba main bola sekali, nampaknya mending nyari olahraga yang lain buat ikut turnamen. Main bolanya buat hura-hura saja. Kalah skill, stamina, postur tubuh, dan seterusnya. Semangat saja tidak cukup memang :v

Akhirnya saya ikut catur dan badminton. Namun kali ini saya cerita tentang yang catur dulu saja.

Biaya pendaftaran 3 Euro kalau punya sports card (50 Euro harganya, tapi bisa dipakai masuk ke semua arena). Kalau ndak punya kartu, bayar 6 Euro. Awalnya kurang tahu sistem turnamennya. Tapi nebaknya sih sistem swiss sekian ronde.

Katanya bakalan ada 3 match days. Yang pertama sudah kemarin. Saya sempat telat, soalnya bingung nyari pintu masuk gedungnya. :v

Turnamen catur
Turnamen catur

Pas masuk ruangan, ternyata udah mulai, saya pun disuruh langsung duduk buat main. Sudah dibagi ternyata siapa lawan siapa. Baru juga duduk, ada orang lain dateng, eh ternyata dia yang seharusnya duduk di tempat saya. Dicek lagi, ternyata nama saya belum masuk ke data :v. Akhirnya, putaran pertama saya dikasih nilai 0.5 (skor draw), tanpa bertanding.

Putaran ke dua, saya main. Jatung masih deg-degan efek dari setengah-lari nyari pintu masuk. Untung lawannya kelihatannya tidak terlalu jago (saya juga sih aslinya, cuma bisa main dikit plus tahu aturan-aturan nya). Akhirnya, saya putuskan pakai strategi untuk ngirit waktu, berharap musuh saya kehabisan waktu. FYI, tiap pemain dikasih jatah 10 menit. Dan benar, saya menang gara-gara lawan kehabisan waktu. Ahaha.

Putaran ke tiga, menurut sistem swiss ini, musuh saya makin jago (kalau sebelumnya menang). Tapi ternyata, belum jago-jago banget. Masih berusaha pakai strategi ngirit waktu, lumayan berhasil, dan malah bisa check-mate, padahal ya ndak telak-telak banget kondisinya.

Putaran ke empat, makin jago musuh saya. Sudah susah kalau pakai strategi ngirit waktu. Biasanya sih cuman defense, ini malah kepancing, blunder deh. Saya pun minta udahan.

Putaran ke lima, masih lumayan jago juga. Tapi kok ya berujung ke hal yang sam, defense terus sok-sokan nyerang, blunder, akhirnya saya minta jabat tangan, alias nyerah.

Saya baru tahu kalau ternyata cuman ada 6 putaran. Total peserta sendiri kalau ndak salah 12 orang.

Di putaran terakhir, saya berniat untuk menang (lha iya). Skor saya sementara 2.5 (2 menang, 1 draw, 2 kalah). Kalau saya menang, yah minimal saya di atas rata-rata sedikit lah.

Menurut perkiraan, lawan berikutnya tidak sejago yang mengalahkan saya sebelumnya. Benar adanya ternyata. Akhirnya saya pakai lagi strategi ngirit waktu, dan berhasil menang gara-gara musuhnya kehabisan waktu. Ahaha.

Pertandingan Terakhir
Pertandingan Terakhir

Hasil akhir, saya dapat skor 3.5, ngecek klasemen ternyata saya ranking 4 dari total peserta. Skor pemain di atas saja adalah 4. Sementara di bawah saya banyak yang dapat angka 3. Jadi tadi si bonus 0.5 poin lumayan bermanfaat untuk jadi ranking 4.

Tapi, menurt yang saya baca, dan saya itung-itung, sistem Swiss ini untuk peringkat tengah-tengah tidak bisa dibandingkan. Tapi bisa digunakan untuk mencari siapa yang paling jago-jago dan paling cupu-cupu. Jadi ya, tidak terlalu saya ambil hati hasil kali ini.

Saya masih kurang paham bagaimana hasil dari 3 match days ini digabungkan. Yah, nikmati sajalah. Ini pertama kali saya main semenjak Home Tournament pas kuliah tingkat 4, alias 6 tahun yang lalu. Semoga saja dua match days sisanya bisa lebih baik lagi.

Salam Olahraga!

PS: Untuk mengingat-ingat lagi tentang catur, saya pakai aplikasi Chess Tactics for Beginners

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s